Hasil Pertandingan Chelsea vs Basel : 3-1

Chelsea menang 3-1 atas FC Basel pada leg kedua semifinal Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Kamis atau Jumat (3/5/2013) dini hari WIB. Dengan hasil tersebut, The Blues berhak melaju ke final karena unggul agregat 5-2.
Di partai puncak, Chelsea akan menghadapi Benfica yang lolos setelah menang 3-1 atas Fenerbahce (agregat 3-2) pada leg kedua di Stadion do Sport Lisabon. Chelsea dan Benfica akan saling berhadapan di Amsterdam Arena, 15 Mei 2013.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Chelsea langsung tampil menggebrak sejak menit-menit awal. Setidaknya ada dua peluang emas yang diperoleh skuad asuhan Rafael Benitez itu sebelum pertengahan babak pertama.

Peluang pertama Chelsea didapat pada menit kedelapan. Torres memberikan terobosan lambung ke kotak penalti untuk Lampard. Dari sisi kiri depan gawang, Lampard melepaskan tendangan mendatar yang hanya membentur tiang jauh. Bola muntah dikuasai Moses, kali ini tendangannya berhasil dihentikan kiper Yann Sommer.

Menit ke-17, tuan rumah kembali mendapat peluang. Torres melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang lawan. Sommer masih cukup cepat untuk menepis bola dengan tinjunya.

Tim tamu akhirnya mencetak gol pada masa injury time babak pertama. Mohamed Salah lolos dari jebakan offside saat menerima terobosan Stocker dan menyarangkan bola ke sudut kanan atas gawang. Kedudukan 0-1 untuk Basel bertahan hingga turun minum.

Selepas turun minum, Chelsea berhasil menyamakan kedudukan melalui aksi Torres pada menit ke-50. Gol tersebut ditorehkannya seusai memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Lampard yang dapat ditepis Sommer.

gaston-sauro-fernando-torres

Setelah gol itu, daya juang Chelsea meningkat. Benar saja, hanya berselang dua menit, giliran Victor Moses yang membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk Chelsea. Tertinggal gol cepat, mental pemain Basel pun menurun.

Harapan Basel melaju ke final punah setelah Chelsea kembali mencetak gol pada menit ke-59. Dari jarak sekitar 34 meter dari gawang, David Luis melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Bola melengkung dan bersarang tepat di sudut kanan atas gawang Sommer. Chelsea unggul 3-1 (agregat 5-2).

Luis

Meski terus ditekan Chelsea, Basel sempat mendapat kesempatan emas untuk memangkas skor pada menit ke-63. Namun, upaya Fabian Frei yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti masih belum membuahkan hasil kerena bolanya masih membentur mistar gawang. Skor 3-1 untuk Chelsea pun bertahan hingga laga usai.  

Susunan pemain:
Chelsea (4-2-3-1):
 1-Petr Cech; 28-Cesar Azpilicueta, 2-Branislav Ivanovic, 24-Gary Cahill, 34-Ryan Bertrand; 4-David Luiz (57-Nathan Ake 81), 7-Ramires (11-Oscar 66); 17-Eden Hazard (10-Juan Mata 75), 8-Frank Lampard, 13-Victor Moses; 9-Fernando Torres.
Pelatih: Rafael Benitez.

FC Basel (4-3-3): 1-Yann Sommer; 27-Markus Steinhofer, 16-Fabian Schar, 26-Gaston Sauro, 15-Kay Voser; 33-Mohamed Elneny, 20-Fabian Frei (21-Marcelo Diaz 75), 8-Serey Die; 22-Mohamed Salah, 9-Marco Streller (31-Jacques Zoua 62), 14-Valentin Stocker (7-David Degen 62).
Pelatih: Murat Yakin.

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia).

Sumber gambar: www.tribunnews.com dan www.goal.com

Leave a comment