Skuad Chelsea 2013-2014

Logo-Chelsea-FC-Jersey-2012-2013Chelsea telah melakukan pembelian 5 pemain pada jendela transfer musim ini. Terhitung Andre Scurle, Marco van Ginkel, Mark Schwarzer, Willian, dan yang terbaru adalah Samuel Eto’o. Jose Mourinho selaku manajer baru tapi “lama” mengaku senang dengan mudahnya mencari pemain baru pada jendela transfer kali ini.

Selain membeli pemain, Chelsea juga telah meminjamkan pemain-pemian muda berbakat ke klub-klub lain untuk menimba ilmu. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi Chelsea karena pemain muda berbakat mereka akan mendapatakan jatah bermain reguler apabila permainan mereka cukup menawan. Beberapa  pemain tersebut antara lain Oriel Romeu ke Valencia, Lucas Piazon, Gael Kalkuta, Patrick van Aanholt ke Vitesse Arnhem, Wallace ke Inter Milan, Marco Marin ke Sevilla dan Thibaut Curtois ke Atletico Madrid.

 Persaingan Semakin Ketat di Internal Chelsea

Dengan pembelian yang telah dilakukan oleh Chelsea, praktis membuat skuad Chelsea menjadi semakin gemuk. Tak pelak para pemain bersaing untuk menampilkan permainann terbaik mereka agar tidak dijual/dipinjamkan ke klub lain.

Di lini penjaga gawang, nama Petr Cech kemungkinan besar tidak akan tergantikan mengingat perfoirma yang ditunjukkannnya masih terbilang konsisten. Kedatangan Mark  Schwarzer dipastikan tidak akan terlalu menganggu keberadaan Cech di jantung pertahanan Chelsea.

Di lini pemain belakang, kemungkinan persaingan akan terjadi di bek tengah, mengingat pada posisi ini terdapat nama John Terry, Davis Luiz, Garry Cahill dan Branislav Ivanovich. Tetapi dalam beberapa pertandingan terakhir nama Davis Luiz masih belum tampak dikarenakan mengalami cedera. Tetapi seringnya pada musim lalu John Terry lebih nyaman bila diduetkan dengan Cahill. Sedangkan Ivanovich lebih sering bergeser menjadi bek kanan yang sering membantu penyerangan. David Luiz yang musim dapat diamainkan sebagai geladang bertahan kemungkinan tidak akan lagi menempati posisi tersebut mengingat telah banyak stok pemain tengah Chelsea. Sehingga dia harus berjuang untuk mengisi pos lini bek tengah bersaing dengan Terry dan Cahill.

Bek kanan beberapa pertandingan musim lalu banyak diisi oleh Cesar Azpilicueta sebagai starter. Walaupun terkadang sering bergantian dengan Ivanovich. Tetapi Mourinho kemungkinan akan memakai Ivanovich sebagai bek kanan mengingat pengalamannya di Chelsea jauhn lebih banyak. Untuk bek kiri, nama Ashley Cole mungkin tidak akan tergantikan mengingat Cole merupakan salah satu pemain kesayangan Mourinho di masa lalu. Sehingga Ryan Bertrand tidak akan terlalu banyak menggantikan posisinya dan akan menjadi pelapisnya.

Kalau diamati lebih jelas, pembelian Chesea banyak di lini tengah dan penyerangan. Lini tengah menjadi lini paling sentral dalam persaingan antarpemain. Karena stok pemain tengah Chelsea musim lalu sudah cukup mumpuni, yaitu Frank Lampard, Ramires, Obi Mikel, Essien (pulang dari peminjaman Real Madrid), De Bruyne (pulang dari peminjaman Werder Bremen), Moses dan trio gelandang serang Oscar, Juan Mata, dan Hazard.  Dengan kedatangan beberapa pemain yang bertipe gelandang serang atau juga bisa dipasang sebagai striker seperti Marco van Ginkel, Andre Scurrle, dan Willian dipastikan persaingan akan sangat ketat di lini tengah Chelsea.

Dalam beberapa pertandingan terakhir dan pra musim, sosok Frank Lampard dan Ramires hampir tidak tergantikan posisinya. Sehingga posisi gelandang bertahan akan tetap menjadi milik mereka. Sedangkan Obi Mikel dan Essien kemungkinan akan menjadi pelapis keduanya atau mungkin akan dijual. Sedangkan posisi gelandang serang masih sangat misterius. Selama kepalatihan Mourinho musim ini, Hazard dan Oscar hampir tidak tergantikan. Sosok De Bruyne juga cukup mencolok mendampingi keduanya. Untuk van Ginkel beberapa petandingan terakhir belum terlalu nyetel dengan pola permainan Chelsea. Permainan Scurrle pun juga masih belum bisa dikatakan baik walaupun pada pra musim mencetak 1 gol untuk Chelsea. Kehadiran Willian, talenta asal Brasil dipastikan akan meramaiakan perebutan skuad inti pada lini tengah.

Selain itu, lini serang Chelsea juga mendapatkan sorotan karena belum terlalu memuaskan bagi sang manajer Jose Mourinho. Romelu Lukaku, Demba Ba, dan Fernando Torres belum menunjukkan permainan terbaik mereka dalam beberapa laga terakhir. Dengan kedatangan Samuel Eto’o yang telah makan asam garam berbagai kompetsisi di Eropa dan berbagai negara di Eropa akan membuat persaingan lini depan Chelsea juga semakin panas. Dengan kehadiran Eto’o, kemungkinan dijual salah satu penyerang akan terbuka lebar. Ba dan Torres menjadi pemain yang kemungkinan akan dilego karena performa keduanya masih terbilang belum cukup bagus untuk Chelsea. Berbeda dengan Lukaku, pemain ini merupakan tipe penyerang yang disukai Mourinho seperti Drogba. Bahkan banyak yang mengatakan Lukaku merupakan “The New Drogba”. Beberapa pertandingan pra musim, Lukaku memang menjadi bintangnya. Lukaku meyumbangkan gol paling banyak selama pra musim. Sehingga bisa dipastikan salah satu pemain serang Chelsea akan dilego kepada klub lain.

Menakar Skuad Chelsea 2013-2014

Dengan berbagai ulasan tersebut, saya memprediksikan skuad Chelsea pada musim 2013-2014.

Kiper : Petr Cech, Mark Scharzer, Hillario

Pemain Belakang: John Terry, Ivanovich, Cahill, A.Cole, David Luiz, Bertrand, Azpilicueta

Kemungkinan dipinjamkan/dijual: Thomas Kalas,

Gelandang: Lampard, Ramires, Hazard, Oscar, Mata, De Bruyne, Willian,  A. Shurrle, Essien

Kemungkinan dipinjamkan/dijual: van Ginkel, Moses, Obi Mikel

Penyerang:, Lukaku, Samuel Eto’o, Fernando Torres

Kemungkinan dipinjamkan/dijual:  Demba Ba

 Bagaimana menurut Anda skuad Chelsea 2013-2014 ini?

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,619 other followers

%d bloggers like this: