Resolusi dan Tips Menjaganya

tahun-baru

Resolusi. Sebuah kata yang selalu diperdengarkan oleh berbagai macam orang ketika tahun baru menjelang. Hampir semua orang mengartikan resolusi sebagai harapan pada tahun yang baru. Orang-orang berbondong-bondong untuk membuat sebuah pengharapan yang mereka sebut dengan resolusi. Yang nantinya ingin mereka wujudkan pada tahun yang baru dengan semangat baru.

Tapi apakah Anda tahu, apakah arti sebenarnya dari resolusi itu? Dari berbagai informasi yang saya himpun, arti resolusi sebenarnya lebih merujuk pada ukuran sebuah gambar. Ukuran gambar tersebut biasa disertai dengan satuan pixel. Semakin besar pixel yang dipakai maka semakin jelas dan jernih resolusi gambar tersebut. Sehingga memungkinkan kualitas tampilan suatu gambar tersebut lebih jelas untuk dilihat.

Kemudian, apa hubungan resolusi (ukuran gambar) dengan tahun baru (pengharapan). Menurut saya, ada sedikit keterkaitan di antara keduanya apabila dilihat dari segi maknawinya. Resolusi pada tahun baru merupakan sebuah pengharapan yang telah direncanakan oleh pembuatnya agar pada tahun yang baru dapat lebih jelas dan jernih untuk melihat apa yang akan dilakukan sehingga keinginannya dapat segera tercapai. Dalam hal ini, keterkaitan antara keduanya adalah keinginan untuk memperjelas suatu gambaran yang akan dibuat oleh pembuatnya. Sehingga apa yang akan didesain untuk tahun yang baru dapat direncanakan dengan jelas dan lebih matang untuk pencapaiannya.

Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah seberapa pentingkah sesorang membuat sebuah resolusi (pengharapan) pada saat tahun baru menjelang? Pertanyaan ini tentu menjadi normatif bagi sebagian orang. Ada yang menganggap sangat penting karena langkah-langkah yang akan diambil pda tahun depan akan lebih jelas. Tujuan yang diharapkan sudah ditentukan di awal tahun, kemudian tinggal menyusun langkah sistematis yang diambil, menyiapkan sarana/komponen pendukung untuk mewujudkan harapan dan tentu saja yang perlu diperhatikan keberanian untuk melangkah apa yang telah ditetapkan di awal.

Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa resolusi (pengharapan) pada tahun baru tidaklah penting. Hal ini didasarkan resolusi (pengharapan) tidak harus dibuat pada awal tahun baru, tetapi setiap orang bisa dan berhak untuk membuat resolusi (pengharapan) beserta komponen pendukungnya setiap hari (kapan saja). Hal ini tentu juga logis, mengingat setiap kejadian dapat membuat kita menetapkan hal yang baru bagi hidup kita masing-masing.

Terlepas dari pro kontra membuat resolusi (pengharapan) di awal tahun tersebut, yang perlu kita perhatikan adalah seberapa kuat kita menjaga konsistensidalam melakukan apa yang telah kita tetapkan sebagai resolusi (pengharapan). Karena konsistensi tersebut menentukan ketercapaian dari apa yang telah kita rencanakan. Dan hal ini mempermudah diri kita untuk mencapai apa yang telah kita rencanakan.

Ada beberapa tips untuk Anda dalam meraih maupun menjaga konsistensi untuk mewujudkan resolusi (pengharapan) Anda, antara lain:

  1. Tetapkan target resolusi Anda sesuai yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kemampuan Anda.
  2. Peahami resiko kendala-kendala yang menghambta atau menggangu tercapaianya resolusi Anda.
  3. Persiapkan dengan matang komponen-komponen pendukung agar tercapai dengan baik.
  4. Jangan menjadikan kendala-kendala tersebut menjadi sebuah alasan untuk memperlambat atau bahkan menghentikan langkah Anda untuk mewujudkan resolusi.

Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s