Kontemplasi: The Beginning of Change

Kontemplasi

Kontemplasi. Saya yakin tak banyak dari kita yang mengerti akan makna kontemplasi. Kata ini begitu asing terdsengar bagi orang awam. Tapi tahu kah Anda, kontemplasi merupakan sebuah kata yang mampu membangkitkan gairah hidup kita. Kontemplasi mampu untuk mengubah jalan cerita kehidupan yang sudah kita jalani bertahun-tahun. Bahkan kontemplasi mampu membuat seseorang menjadi sosok yang berbeda dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Kontemplasi mungkin sudah dan pernah dilakukan oleh setiap orang. Baik secara sadar mengerti maknanya atau bahkan tidak mengerti sama sekali makna dari kontemplasi tersebut. Tetapi yang jelas setiap perubahan dalam kehidupan seseorang hampir pasti diawali dengan kontemplasi.

Lalu, apakah pengertian dari kontemplasi yang mampu memberikan makna besar bagi perubahan dalam kehidupan? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kontemplasi merupakan  renungan dan sebagainya dengan kebulatan pikiran dan perhatian penuh. Sekilas dari pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwa kontemplasi mempunyai padanan kata renungan. Renungan di sini berarti kita mampu untuk memusatkan pikiran maupun perhatian kita terhadap sesuatu yang kita renungkan sehiangga menghasilkan sebuah hasil renungan yang mampu untuk mengubah jalan pikiran atau jalan cerita kehidupan.

Sehingga tidak berlebihan apa yang telah saya sampaikan di atas bahwa kontemplasi (renungan) mampu membawa kita menjadi sosok/seseorang dengan karakter yang berbeda karena hasil dari kontemplasi yang kita lakukan. Bahkan dalam lingkup yang luas, kontemplasi mampu menggerakkan hati dan pola pikir kita untuk membuat keputusan-keputusan besar dalam hidup kita. Tentu keputusan-keputusan tersebut akan mampu mengubah jalan kehidupan seseorang. Sehingga wajar, apabila kontemplasi dapat saya sebut The Beginning of Change. Hal ini berarti, setiap orang mampu melakukan kontemplasi yang dapat membuat perubahan dalam hidup baik secara cepat (sporadis) maupun secara perlahan. Baik perubahan besar maupun perubahan kecil. Yang pastinya setiap kontemplasi harus mampu membuat seseorang berubah (change). Hal inilah yang mendasari kontemplasi merupakan The Beginning of Change.

Selamat Berkontemplasi dan Menikmati Perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s