2013: “Kematian” Netbook

Image

Dalam kehidupan setiap makhluk ataupun benda pasti akan mengalami “kematian”. Makhluk sebagai wujud ciptaan Sang Esa yang mempunyai ruh yang  menjalankan raga. Dan kita semua tahu pasti ruh tersebut akan dipanggil kembali Sang Kuasa. Dan tepat kejadian itu lah yang kita sebut dengan kematian. Kejadian yang semua orang tidak tahu kapan akan terjadi. Bahkan mungkin ada sebagian yang tidak menginginkan kematian itu segera menghampiri walaupun itu pasti akan terjadi. Inilah misteri kematian yang selalu mengintai kita, dan kematian siap untuk merenggut nyawa setiap makhluk ketika sudah dikumandangkan pekikan suara untuk mencabut kehidupan tersebut.

Begitu pula dengan benda, kematian juga selalu mengintai mereka. Berbeda dengan makhluk hidup,  benda sebagai makhluk yang tak bernyawa atau mati mempunyai definisi kematian tersendiri bagi mereka. Bagi suatu benda, kematian berarti berakhirnya masa guna benda tersebut karena termakan waktu dan munculnya generasi terbaru yang lebih efisien, praktis atau mungkin lebih baik dari dirinya (benda).

Hal ini terjadi dalam dunia teknologi informasi saat ini dan ke depan pastinya. Perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut adanya perubahan-perubahan yang mendasar bagi produsen IT di dunia. Adanya pengembangan IT terbaru yang lebih praktis dan efisien membuat produsen IT beramai-ramai untuk memproduksi dengan segala bentuk kreativitas serta keunggulannya masing-maisng untuk bersaing di pasaran. Setelah bergesernya era handphone menuju smartphone yang berbasis android, saat ini banyak yang meramalkan akan bergesernya penggunaan netbook menuju penggunaan komputer tablet.

Saat ini, kita semua mafhum bahwa maraknya peredaran komputer tablet sedikit banyak menggeser penggunaan netbook. Tidak hanya terjadi di kalangan atas yang selalu mobile dengan segala urusan bisnis maupun media massa, saat ini orang-orang yang masuk dalam kalangan menengah pun sudah banyak yang memakai komputer tablet. Hal ini disampaikan oleh lembaga riset IDC Indonesia bahwa penggunaan komputer tablet mengalami kenaikan 100 % pada kuartal 2 tahun 2012 dibandingkan kuartal 1. Sementara pada kuartal 3 mengalami kenaikan sebesar 30 %.

Hal ini juga diamini oleh beberapa produsen netbook atau IT yang selama ini kita kenal, semisal Dell, perusahaan komputer asal Amerika Serikat, menyatakan menghentikan memproduksi netbook pada Desember 2011 yang lalu. Dan diikuti oleh produsen komputer ternama lainnya semisal Samsung, Hewlet Packard (HP), Sony dan Toshiba.

Dalam konteks lain, penurunan atau bahkan penghentian produkssi netbook dikarenakan performa yang sudah tidak memenuhi syarat untuk melakukan aktivitas yang lebih karena tuntutan perkembangan teknologi. Misalkan mengenai resolusi, netbook tidak mampu untuk membuka aplikasi yang beresolusi tinggi. Sebut saja penggunaan game-game yang bermemori atau beresolusi tinggi tidak mampu untuk dibuka oleh netbook. Apalagi baru-baru ini, Microsoft meluncurkan OS terbaru yaitu Windows 8 yang mempunyai resolusi cukup tinggi yaitu sekitar 1.366 x 768 pixel sedangkan netbook rata-rata beresolusi 1.024 x 600 pixel. Hal ini jelas tidak akan mampu bersaing ketika dihadapkan dengan perkembangan OS yang dikeluarkan Microsoft sebagai salah satu produsen OS terbesar di dunia.

Selain itu, munculnya komputer hybrid juga menjadi salah satu alasan menurunnya produksi netbook. Sejak 2011 kemarin, komputer hybrid cukup merajai diantara persaingan komputer. Pasalnya, komputer jenis baru ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu bentuk tipis, ringan dan mempunyai layar yang lebar dengan performa yang tinggi. Komputer ultrabook/hybrid ini dipelopori oleh prosesor Intel Core i3 sampai i7.

Tetapi yang jelas, netbook merupakan salah satu bentuk perkembangan teknologi yang cukup mahsyur di jamannya. Kematian netbook merupakan suatu bentuk yang lumrah karena hal itu juga akan terjadi pada setiap perkembangan tekonologi yang lain. Dan yang pastinya tahun 2013 atau tahun-tahun berikutnya keberadaan netbook akan semakin hilang dan muncul generasi-generasi terbaru yang akan mewarnai perkembangan teknologi masa depan. Dan sampai tiba waktunya nanti, kita patut mengucapkan selamat tinggal bagi netbook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s