Mengurus Surat Pindah Penduduk AntarKabupaten/Kota

ktpBebarapa hari kemarin, saya dan istri mengurusi surat pindah istri saya dari Kabupaten Jepara ke Kabupaten Sukoharjo (masih dalam provinsi Jawa Tengah) karena istri otomatis harus ikut dan tinggal bersama saya. Mengurus surat pindah ini memang ingin saya segera selesaikan agar nantinya untuk mengurus masalah akte lahir anak dan sebagainya dapat lebih mudah tanpa harus mengurus secara mendadak.

Mungkin dari Anda sekalian juga akan dan segera  mengurus surat pindah tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Proses pencabutan dari kabupten/kota asal

Jujur saja memang saya sendiri tidak mengurus surat pencabutan dari Kabupaten Jepara tetapi dilakukan oleh Ayah Mertua. Tetapi sejauh yang saya tahu prosedur yang dijalani kurang lebih seperti berikut.

  • Datang ke kelurahan dengan membawa KK asli maupun fotocopy, KTP asli maupun fotocopy dan pas foto (4 x 6 sebanyak 2 lembar, dan 3 x 4 sebanyak 4 lembar).  Oh iya jangan lupa untuk jaga-jaga, bawa fotocopy surat nikah bagi yang sudah menikah (kebetulan istri saya diminta menyerahkan fotocopy surat nikah). Setelah sampai kelurahan sampaikan saja ingin pindah domisili, nanti akan disodorkan beberapa formulir/berkas untuk diisi.
  • Lanjut datang ke kantor kecamatan dengan membawa semua berkas tadi untuk disahkan di kantor kecamatan, biasanya juga dilampirkan SKCK. Bagi yang belum punya berarti harus membuat SKCK ke Polsek setempat. Proses pembuatan SKCK biasanya ngurus dulu dari kelurahan, kecamatan kemudian baru ke polsek.
  • Setelah itu datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan membawa berkas-berkas tersebut serahkan pada bagian administrasi. Nanti akan diberikan form pengambilan (tanda terima) untuk mengambil berkas pindah penduduk yang akan Anda gunakan di tempat tujuan (kurang lebih ada 4 rangkap  surat yang masing-masing untuk Anda sendiri, untuk kelurahan yang dituju, kecamatan yang dituju dan Dispendukcapil tempat tujuan (dalam hal ini Kabupten Sukoharjo). Biasanya pengambilan berkas tersebut 1 minggu setelah kita mengurusi tetapi bisa jadi lebih cepat atau lambat tergantung administrasi masing-masing kabupaten.
  • Setelah Anda mendapatkan 4 rangkap  surat pindah penduduk tersebut Anda harus segera mengurus di tempat Anda berdomisili. Karena batas waktu pengurusan surat pindah tersebut hanya 30 hari.

2. Prosedur masuk jadi penduduk Kabupaten/Kota tujuan

  • Datanglah ke kelurahan domisili dengan membawa KK tempat domisili (dalam hal ini KK milik orang tua yang akan dipecah menjadi KK suami dan KK orang tua), baik asli maupun fotocopi. KTP asli maupun fotocopy, 4 rangkap surat pindah, dan pas foto untuk pembuatan KTP baru Anda nanti, dan akta lahir Anda asli maupun fotocopy.
  • Setelah sampai di kelurahan, Anda akan disodorkan beberapa formulir, antara lain form pengisian KK suami dan KK orang tua yang baru, form pembuatan KTP, dan surat pengantar dari kelurahan ke kecamatan yang diiisi oleh petugas. Sebenarnya semua form diisi petugas kelurahan tp alangkah baiknya Anda membantu untuk mempercepat proses. Surat pindah untuk kelurahan akan diminta oleh pihak kelurahan untuk arsip.
  • Setelah itu datang ke  kecamatan untuk meminta tanda tangan dan cap dari kecamatan dari semua berkas yang Anda peroleh dari kelurahan. Surat pindah untuk kecamatan akan diminta oleh kecamatan untuk arsip.
  • Setelah itu datanglah ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk  memasukkan data Anda sebagai warga Kabuapten/Kota tujuan dalam hal ini, istri dan saya ke Dispendukcapil Kabupaten Sukoharjo. Anda akan diminta menyerahkan semua berkas dari kelurahan yang telah disahkan oleh Kecamatan disertai surat pindah untuk Kabupaten. Anda akan diberikan form tanda terima untuk pengambilan KTP Anda yang baru, KK milik suami dan KK baru milik mertua Anda.
  • Semua proses sudah selesai tinggal Anda ambil KTP baru Anda, KK suami, dan KK mertua  sesuai dengan tanggal pegambilan. Alhamdulillah ketika saya dan istri mengurus di Dispendukcapil Kabupaten Sukoharjo tidak memakan waktu lama. Besok paginya saya sudah bisa langsung mengambil dan akhirnya istri saya sudah resmi menjadi warga Kabupaten Sukoharjo.

Semoga dapat bermanfaat.

99 thoughts on “Mengurus Surat Pindah Penduduk AntarKabupaten/Kota

  1. Andy

    Sore kanglondo.
    Sya Andi , sya udah ngurus surat pindah dri sidoarjo ke kediri , semua surat” sdh jadi dan lengkap dri capil sidoarjo , waktu pengurusan di kediri , mulai dari desa smp kecamatan , semua lncar , dan disaat ke capil kediri di tolak karena tidak ada KTP asli , sedangkan KTP asli sya sudah di tarik oleh capil sidoarjo , , gmn solusinya ya kang ?

    Reply
    1. kanglondo Post author

      seharusnya ndak ditarik. dan seharusnya oknum dispendukcapil kediri sudah paham hal itu. jelaskan lagi saja ke oknum tersebut, terkait peraturan yg ada

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s