Mengurus Surat Pindah Penduduk AntarKabupaten/Kota

Posted on Updated on

ktpBebarapa hari kemarin, saya dan istri mengurusi surat pindah istri saya dari Kabupaten Jepara ke Kabupaten Sukoharjo (masih dalam provinsi Jawa Tengah) karena istri otomatis harus ikut dan tinggal bersama saya. Mengurus surat pindah ini memang ingin saya segera selesaikan agar nantinya untuk mengurus masalah akte lahir anak dan sebagainya dapat lebih mudah tanpa harus mengurus secara mendadak.

Mungkin dari Anda sekalian juga akan dan segera  mengurus surat pindah tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Proses pencabutan dari kabupten/kota asal

Jujur saja memang saya sendiri tidak mengurus surat pencabutan dari Kabupaten Jepara tetapi dilakukan oleh Ayah Mertua. Tetapi sejauh yang saya tahu prosedur yang dijalani kurang lebih seperti berikut.

  • Datang ke kelurahan dengan membawa KK asli maupun fotocopy, KTP asli maupun fotocopy dan pas foto (4 x 6 sebanyak 2 lembar, dan 3 x 4 sebanyak 4 lembar).  Oh iya jangan lupa untuk jaga-jaga, bawa fotocopy surat nikah bagi yang sudah menikah (kebetulan istri saya diminta menyerahkan fotocopy surat nikah). Setelah sampai kelurahan sampaikan saja ingin pindah domisili, nanti akan disodorkan beberapa formulir/berkas untuk diisi.
  • Lanjut datang ke kantor kecamatan dengan membawa semua berkas tadi untuk disahkan di kantor kecamatan, biasanya juga dilampirkan SKCK. Bagi yang belum punya berarti harus membuat SKCK ke Polsek setempat. Proses pembuatan SKCK biasanya ngurus dulu dari kelurahan, kecamatan kemudian baru ke polsek.
  • Setelah itu datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dengan membawa berkas-berkas tersebut serahkan pada bagian administrasi. Nanti akan diberikan form pengambilan (tanda terima) untuk mengambil berkas pindah penduduk yang akan Anda gunakan di tempat tujuan (kurang lebih ada 4 rangkap  surat yang masing-masing untuk Anda sendiri, untuk kelurahan yang dituju, kecamatan yang dituju dan Dispendukcapil tempat tujuan (dalam hal ini Kabupten Sukoharjo). Biasanya pengambilan berkas tersebut 1 minggu setelah kita mengurusi tetapi bisa jadi lebih cepat atau lambat tergantung administrasi masing-masing kabupaten.
  • Setelah Anda mendapatkan 4 rangkap  surat pindah penduduk tersebut Anda harus segera mengurus di tempat Anda berdomisili. Karena batas waktu pengurusan surat pindah tersebut hanya 30 hari.

2. Prosedur masuk jadi penduduk Kabupaten/Kota tujuan

  • Datanglah ke kelurahan domisili dengan membawa KK tempat domisili (dalam hal ini KK milik orang tua yang akan dipecah menjadi KK suami dan KK orang tua), baik asli maupun fotocopi. KTP asli maupun fotocopy, 4 rangkap surat pindah, dan pas foto untuk pembuatan KTP baru Anda nanti, dan akta lahir Anda asli maupun fotocopy.
  • Setelah sampai di kelurahan, Anda akan disodorkan beberapa formulir, antara lain form pengisian KK suami dan KK orang tua yang baru, form pembuatan KTP, dan surat pengantar dari kelurahan ke kecamatan yang diiisi oleh petugas. Sebenarnya semua form diisi petugas kelurahan tp alangkah baiknya Anda membantu untuk mempercepat proses. Surat pindah untuk kelurahan akan diminta oleh pihak kelurahan untuk arsip.
  • Setelah itu datang ke  kecamatan untuk meminta tanda tangan dan cap dari kecamatan dari semua berkas yang Anda peroleh dari kelurahan. Surat pindah untuk kecamatan akan diminta oleh kecamatan untuk arsip.
  • Setelah itu datanglah ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk  memasukkan data Anda sebagai warga Kabuapten/Kota tujuan dalam hal ini, istri dan saya ke Dispendukcapil Kabupaten Sukoharjo. Anda akan diminta menyerahkan semua berkas dari kelurahan yang telah disahkan oleh Kecamatan disertai surat pindah untuk Kabupaten. Anda akan diberikan form tanda terima untuk pengambilan KTP Anda yang baru, KK milik suami dan KK baru milik mertua Anda.
  • Semua proses sudah selesai tinggal Anda ambil KTP baru Anda, KK suami, dan KK mertua  sesuai dengan tanggal pegambilan. Alhamdulillah ketika saya dan istri mengurus di Dispendukcapil Kabupaten Sukoharjo tidak memakan waktu lama. Besok paginya saya sudah bisa langsung mengambil dan akhirnya istri saya sudah resmi menjadi warga Kabupaten Sukoharjo.

Semoga dapat bermanfaat.

Advertisements

101 thoughts on “Mengurus Surat Pindah Penduduk AntarKabupaten/Kota

    agung kuswantoro,agungbae123 said:
    May 28, 2013 at 7:10 am

    terima kasih,,sangat bermanfaat sekali

    tito said:
    June 12, 2013 at 12:41 pm

    Untuk kota/wilayah yang baru apakah masih diminta SKCK , karena saat ini kondisinya masih diminta SKCK sementara berkas dari kota yang lam sudah dicabut

      kanglondo responded:
      June 13, 2013 at 12:29 am

      Kalau untuk saat ini kurang tahu mas tito, sejauh yang saya tahu SKCK hanya diminta dari kabupaten/kota lama sebagai lampiran pencabutan kependudukan…

    Novi Handayani said:
    June 15, 2013 at 12:22 pm

    duuuh,, gimana nih kalo urus surat pindah dari manokwari,papua barat,, sementara saat ini udah tinggal di jakarta. kalo harus urus kesana biaya perjalannya mahal sekali. ada solusikah??

      kanglondo responded:
      June 16, 2013 at 10:34 am

      Kalau memang masih punya kerabat atau kawan lama di sana, mungkin bisa minta tolong sama beliau untuk ngurus surat pencabutan di papua….

      Budi said:
      August 30, 2013 at 1:42 am

      yg prnah sy dnger…bisa jg via fax…tp trgantung petugasnya jg sih…

    abunaum (@abunaum) said:
    July 3, 2013 at 6:42 am

    ada biaya ga mas?

      kanglondo responded:
      July 3, 2013 at 7:02 am

      ada, tapi kayaknya kalau di total ga lebih dari 50 ribu, mas abu

        Budi said:
        August 30, 2013 at 1:43 am

        hhe… itu yg resminya pak… bisa bengkak silumannya…msh ada az walau dah zaman kpk…terutama waktu di kelurahan n kecamatannya..

        kanglondo responded:
        August 30, 2013 at 1:51 am

        ha ha ha, kalau kelurahan dan kecamatan kan hampir ga mungkin kesentuh kpk om …

        Budi said:
        August 30, 2013 at 2:06 am

        tp di polres jg lho… petugas sidik jari (dah tua lg..! tp bukan polisi kayaknya).. dgn tenangnya bilang “..yaah..itu sih seridho nya bpk az…!”

    Nicky Dostlar said:
    July 4, 2013 at 12:22 pm

    (y)

    Budi said:
    August 30, 2013 at 2:03 am

    numpang share pengalaman sy… baru saja kemaren sy ngambl surat pindah dari kota asal purwakarta jawa barat…. sy skrg pindah di cimahi, msh jawa barat…
    bbrp hal yg gk bisa cepet dilupakan :
    – petugas kelurahan msh terang2an minta uang pelicin…trpaksa lah…drpd dpersulit
    – saking ramenya…hati2… berkas2 sy komplit satu bundel sempat hilang..! terbawa keluarga lain yg jg ada urusan di kelurahan..
    – pengurusan skck harus sudah punya kartu sidik jari…jadi urus dl itu sekalian
    – baik d kelurahan, kecamatan, kepolisian, disduk…perhatikan jam kerja…lebih dini lebih baik…asal jgn subuh za…msh tutup… coz klw dah masuk jam rehat…mw kagok gmna jg…petugas gkkan mw peduli…yg penting isi perut dl…
    – berkas asli (ktp, kk) ditarik oleh kelurahan asal…jadi sy gk pegang lg surat2 asli tsb..so…sblomnya fotocopy dl utk pegangan…apalagi klw sampe hilang spt pengalaman sy di atas…
    – jika ada anggota keluarga yg blom tercatat di kk asal (misal anak yg baru lahir)…sekalian bawa akte lahirnya… krn ketinggalan hal yg satu ini az…sy mesti bolak balik minta surat kenal lahir n trpaksa bayar lg di kelurahan…krn akte lahir sudah ada di cimahi dan tdk sy lampirkan di purwakarta…
    – perhatikan masa berlaku yg cuman 30 hr… waktu sy mengurus itu khan pas bln puasa…kantor2 mereka jg cuman krja stngh hr… trus harus nunggu 1 minggu baru jadi..sedangkan sy sudah pindah ke kota cimahi…blom kepotong libur panjang lebaran…begitu sy sempat ambil surat pindah di disduk purwakarta tsb satu bln ssudahnya…sy baru tahu ada ketentuan masa berlaku itu…gktw gmna dch ini jadinya…sy blom smpet ngurus di kota pindahan cimahi ini…
    – sy msh bingung pengurusan di kota tujuan cimahi… coz khan kk n ktp asli sudah ditarik di kota asal purwakarta…jadi sy gk pegang..???

      kanglondo responded:
      August 30, 2013 at 5:28 am

      wahhhhh parahhh itu mas, masa yang asli diminta kelurahan …. ga bener itu …kalau di tempat saya ga seribet itu mas, ada yang lupa kebawa kalau ga terlalu penting ga masalah ….kalau ngurus skck emang harus sidik jari dulu mas bagi yang belum sidik jari, tp masalahnya ngurus dari polsek ke polres yang dipertanyakan, masak formnya sama tetapi di polsek mbayar, di polres mbayar lagi …wuhh setor duit dah

    yaye said:
    September 2, 2013 at 6:40 am

    aku juga pernah mau ngurus pindah penduduk dari jombang ke sidoarjo. ribet……. jadi males nerusin. akhirnya sampai sekarang masih penduduk jombang

      kanglondo responded:
      September 2, 2013 at 2:58 pm

      ya emang agak ribet sihh, ypmau bagaimana lagi, tetep harus ngurus sihh … he he he

      nency dora said:
      February 19, 2016 at 4:18 am

      Kebetulan kasus kt sama pak , saya asli penduduk sidoarjo , sedangkan suami saya asli penduduk jombang. Suami udah urus surat pindah keluar dr kab. Jombang waktu itu suami menggunakan jasa pamong kd terkena biaya 160rb. Saya dan suami tdk mengetahui kalau surat pindah berlaku hanyak 30 hari. Sedangkan skrg sudah lewat dr 30hari bahkan sudah lewat 4bulan . Nah saya mau tanya, apa yg harus kami lakukan ? Sementara posisi suami saya saat ini gantung. Karna KK asli + KTP sudah di tarik. Sedangkan kami blm urus surat pindah datang di sidoarjo. Haruskah kami urus ulang atau hanya minta stempel yg baru ? Trims

        kanglondo responded:
        February 21, 2016 at 3:43 am

        Langkah yang paling pas memang menanyakan dulu ke dispendukcapil daerah asal, supaya jelas langkah yang harus ditempuh. Apakah hanya cukup minta cap, atau harus ngurus ulang, jka daerah tujuan tidak mau menerima berkas yang lama.

    sigit said:
    September 20, 2013 at 6:38 am

    halo pak kanglondo,ini sgt bermanfaat koq.
    mohon info,sksc ini apa ya?oya,klo urus ini yg bersangkutan apa mutlak hrs hadir ya?
    soal ktp ama ksk asli yg ditahan di kelurahan sy jg mengalami,soalnya ini sy lg ngurus srt pindah calon istri sy dr kel.tambaksumur surabaya ke tangerang.ini sy msh di tahap kelurahan.

      kanglondo responded:
      September 20, 2013 at 7:00 am

      ooo itu mungkin skck pak maksudnya, kalau pengalaman saya pas pencabutan kependudukan dari Jepara, istri saya tidak ikut dan alhamdulillah bisa. Ketika memasukkan kependudukan istri saya ke Sukoharjo dari semua alur yang kami lalui menurut saya tidak harus ikut langsung (hadir), tetapi mungkin lebih baik ikut karena bisa jadi prosedur masing-masing perangkat pemerintahan berbeda. Semangat mas semoga cepat selesai …

    santoso said:
    September 22, 2013 at 5:39 am

    assalamualaikum
    ane mau tanya kalo gak ada SKCK gmna??
    dan syaratnya mengurus perpindahan penduduk tolong di uarikan, terimakasih
    wassalamualaikum

      kanglondo responded:
      September 23, 2013 at 7:09 am

      waalaikumsalam, mohon maaf mas, kebetulan skck itu digunakan pas pencabutan kependudukan, waktu itu yang melakukan pencabutan kependudukan Jepara bapak mertua saya, jadi saya sendiri kurang tahu maslah itu, coba saja tanya ke petugas kelurahan saya kira akan lebih jelas …

    Lidya Kanti Rahayu said:
    October 9, 2013 at 3:46 am

    saya saat ini sedang memasukkan kepindahan dari Palembang ke semarang. Berkas dari palembang sudah selesai semua dan ketika kami menyerahkan berkas ke kantor kelurahan petugasnya bilang ditinggal saja nanti saya yang uruskan dan mereka memang terang2an minta imbalan dan kami memberinya. tapi dari awal September hingga saat ini belum ada satupun yang selesai. Setiap kali kami bertanya petugasnya menjawab “inikan mengurus antar propinsi jadinya lama pak”. Saat ini kami bingung harus bagaiman?

      kanglondo responded:
      October 9, 2013 at 10:03 am

      sabar ya mba, emang orang2 yang begituan masih aja dibiarkan hidup, kalau emang bisa diurus sendiri mending diurus sendiri saja mba, berkasnya diminta saja mba terus lakukan prosedur yang semetinya dilkaukan di kelurahan dan selesaikan semua sendiri saja

    andrianto said:
    October 21, 2013 at 2:04 pm

    jika hanya saya + istri yg pindah antar kabupaten, tapi anak saya sudah dewasa tetap pada alamat lama.
    bagaimana dengan KK nya ???
    terima kasih

    ary luthfi said:
    October 30, 2013 at 12:51 am

    mau tanyak nih, lok ngurus skck tu apa hanya kepelah rumah tangga saja?
    dan perlu foto berapa lembar?
    makasi

      kanglondo responded:
      October 30, 2013 at 7:17 am

      yang ngurus skck hanya orang yang berkepentingan artinya yang mau pindah kependudukan ya berarti ngurus skck …jumlahnya foto saya agak lupa, disiapkan saja seperlunya, toh kalau fotonya lebih bisa digunakan untuk keperluan lain … seamngat dan semoga dimudahkan

    alfa said:
    October 30, 2013 at 7:05 am

    mohon doanya agar semua lancar anin,,,,,,,,

      kanglondo responded:
      October 30, 2013 at 7:14 am

      amiinnn, semoga lancar dan dimudahkan

        alfa said:
        October 30, 2013 at 7:38 am

        amin….

    Dessy Marcelina said:
    October 30, 2013 at 9:04 am

    Trimakasih. Sangat membantu saya dalam mengurus surat pindah

      kanglondo responded:
      October 30, 2013 at 11:28 pm

      sama sama mba dessy

    budi said:
    December 11, 2013 at 2:04 pm

    malem kang londo,by the way..bisa nggak aku di cetakin blangko srt pindah yang keluaran terbaru di jepara.sekarang kan era simpel n praktis,jd kalo bisa langsung di print aja alias gk usah pake’ mesin ketik yg hrs 4 p 5 rangkap.tak tunggu ya kang londo..salam sejahtera buat kita semua.

      kanglondo responded:
      December 14, 2013 at 2:56 am

      Maaf baru balas mas gunawan, wahh maaf sayangnya saya sekarang tinggal di kab. sukoharjo, jadi otomatis tidak punya blangko surat pindah jepara. Sayangnya lagi surat pindah dari jepara milik istri tidak saya fotokopi, karena sudah saya serahkan ke pihak kependudukan kab. sukoharjo. Jadi mohon maaf belum bisa membantu …

    supriayadi said:
    December 12, 2013 at 2:41 am

    Asslmualaikum mau cnfirmasi kpd instansi kelurahan peninggilan kota tangerang. Kec ciledug. Sy sdh megurus surat pindah dri kab tangerang pindah ke kota tangerang dan ‎​ɑ̤̥̈̊pɑ̤̥̈̊ persyaratan pembuatan ktp/kk kota tangerang terimaksi mohon info nya

      kanglondo responded:
      December 14, 2013 at 2:58 am

      Waalaikumsalam mas supriadi, mohon maaf saya sendiri bukan orang tangerang (kec cileduk), lebih baiknya penjenengan coba tanyakan langsung ke instansi terkait … mohon maaf belum bisa membantu

    retno said:
    February 8, 2014 at 10:54 pm

    waktu pembuatan e-ktp saya sdh terdaftar di kab. jember kmdn skrg saya sdh cerai dr suami dan ingin pindah kekota asal yaitu blitar, apakah prosedurnya jg sama untk oindah alamatnya atau gmn?terusterang kl hrs berurusan dgn mantan suami maless…mhn bantuan infonya

      kanglondo responded:
      February 10, 2014 at 1:46 am

      waduhh mohon maaf mba kurang tahu, kalau kasusnya udah cerai. saya ga tahu surat2 apa saja kl seperti itu. mending tanya lngsung ke pejbt kelurahan di blitar mba apa sj yng perlu di urus .. maaf blm bisa membantu

    ArRai Diciotto said:
    February 11, 2014 at 6:17 pm

    ada biaya gak untuk membuat surat pindah dari kabupaten ke kotamdya ??
    kalo ada mohon di sebutkan nominal nya berapa …??
    makasihh ….

      kanglondo responded:
      February 12, 2014 at 1:29 am

      waduh saya lupa gan rinciannya, tp yang jelas ga mahal kok

    junaedi said:
    February 12, 2014 at 7:03 am

    Pak,adik ipar saya mau urus pindah tempat tinggal dari solo ke pati (sama-sama jateng). Kok pihak kecamatan di solo minta biaya 2.5 juta ya pak untuk cabut berkas. Kok mahal sekali ya.

      kanglondo responded:
      February 13, 2014 at 6:52 am

      wah itu ga bener itu, kalaupun ada biaya ga mungkin segitu pak …. dilaporkan saja ke pihak dispendukcapil kota solo saja pak

        sukro said:
        March 4, 2014 at 4:30 am

        nanya pak.. masih awam ni.. nomor ktp istri njenengan ganti gak pak? kan pindah kabupaten apa ya ganti nomor ktp juga. kan kode kabupatenya beda. makasih pak

        kanglondo responded:
        March 5, 2014 at 1:17 am

        seingat saya ganti mas, bener kata njenengan kode tiap kabupaten itu beda-beda

      Spexotics said:
      April 24, 2014 at 8:02 am

      biaya adm di kecamatan biasanya cuma 10ribu + kalo ada tambah iuran PMI skitar 3500.

    adhie munaf said:
    March 8, 2014 at 10:44 am

    slamat sore pak. kalau mau mengurus surat pindah dari satu provinsi ke provinsi lain ada ga cara simple nya. berhubung sekarang saya di tangerang dan asal surat kependudukan saya di medan .. rasanya sangat tidak mungkin dalam saat ini jika saya harus kembali kemedan untuk mengurus surat pindahnya, apa tidak ada layanan online dari dinas kependudukan agar bisa membantu untuk meringankan jarak dan waktu seperti masalah yang sedang saya alami ini. terimakasih

      kanglondo responded:
      March 9, 2014 at 3:53 am

      sepertinya belum bisa mas untuk online, dispendukcapil sepertinya belum mempunyai sistemm online mengenai pindah penduduk

    condotel bali said:
    March 22, 2014 at 3:28 am

    wah kirain bisa di proses dalam 1 hari ya….makan waktu emang..makanya ane agak males nih ganti KTP walaupun butuh…masa harus ambil cuti untuk ganti KTP doang haduh…
    apakah bisa diproses one day service ya?
    condotel bali http://www.info-condotel.blogspot.com

      kanglondo responded:
      March 22, 2014 at 3:37 am

      nah itu sayangnya, sejauh yang saya tahu sepertinya belum bisa one day servicenya.

    ella said:
    April 26, 2014 at 3:14 am

    mas klo ada surat pindah yg alamtnya salah gimana ya mas benahinya mas???dan klo surat pindahnya udh jadi apa gak diserahkan ke dispenduk dulu mas???

    Uchie said:
    May 21, 2014 at 3:53 am

    Saya baru mw buat Surat Pindah dr Jakarta ke Medan bersama anak2 sy, tapi swami sy sudah 1 bulan dimedan, apa pembuatan SKCK Nya swami jg harus hadir? Krn pembuatan Surat pindahnya sy sudah serahkn ke pegawai kelurahan(tetangga) sy Tinggal trima bersih! Itu pun biayanya mahal 250rb! Klo urus sendiri biayanya kira2 brp ya?

    ardian said:
    July 8, 2014 at 7:10 am

    moga aja dengan kepimpinan presiden yang baru ga terlalu ribet birokrasi di negera kita ya sob..saya jga mau ngurus surat pindah,,dari kb.bandung..udah nanyain ke rt, katanya sekitar 400 rbu. ga tau buat apa aja..taunya beres..padahal kalo sudah ada e ktp. otomatis sudah masuk ke komputer yang on line. jadi di tempat yang di tuju tinggal lapor aja . terus tinggal ganti keterangan alamat . NIK dll..nya. terus di edit ulang kan masyarakat ga ribet..

    agustlee said:
    July 15, 2014 at 4:33 am

    ribet

    khoirul said:
    August 11, 2014 at 5:17 am

    asslmu alaikum.
    sya khoirul, kmrin sya ngurus surat pindah istri sy d kab wonosobo untk ikut dgn sy jd wrga blitar, skrng surat dr dispndukcapil wonosobo sdah sy pegang, yg mau sy tanyakan apkah ktp asli istri sya msh d prlukn untk mgurus d blitar, mslahnya sy lupa dimnta dispndukcapil atau hilang dan skrng sya msh bingung mencrinya.

    ARNANDA AJI SAPUTRA said:
    August 13, 2014 at 12:48 pm

    ini NKRI kan? Negara Kesatuan, tapi kok ribetnya minta ampun. Katanya juga sudah pakek sistem online, komputerisasi, e-KTP, dan semua serba e. Tapi kenapa yah, saya juga proses ngurus ribetnya minta ampun. Tapi alhamdulillah, tatkala pindah di tempat ortu saya (yang sama2 Kota Malang dan komplek keluarga) RT nya sodara saya sendiri, mudah insya Allah ndak ribet. Tapi mau pindahan rumah, ribetnya minta ampun. RTnya minta dana iuran 750.000 lagi. Subhanallah!!!

    Riyan gatot santosa said:
    September 3, 2014 at 12:04 pm

    kanglondo saya mau tanya…
    saya pengen pindah kupedudukan dari kediri ke sidoarjo, tetapi kondisi nya saya masih bujang. pertanyaan.nya apakah bisa saya sendiri pindah kependudukan sedangkan keluarga saya tetap kependudukan kediri?? terimakasih

      kanglondo responded:
      November 3, 2014 at 9:00 am

      klo panjenengan sudah punya alamat yg tetap di sidoarjo saya kira bisa-bisa saja.

    hendy said:
    September 5, 2014 at 12:41 am

    Asalamualaikum..mas istri saya sudah pindah sesuai cerita mas di atas..nah permasalahannya pas mencabut dr disdukcapil boyolali, pas ada program E-KTP dan belum keluar E-KTP nya..tp udh saya cabut dr disdukcapil boyolali kemudian ke disdukcapil sukoharjo dan mendapat KTP LAMA (bukan E-KTP) nah selesai kan proses pindah kependudukannya..nah ternyata selang beberapa bulan istri saya disuruh ambil E-KTP di boyolali..nah kan istri saya jadi punya dua KTP..pertama KTP Lama Sukoharjo..kedua E-KTP Boyolali saya bingung nanya ke kecamatan di sukoharjo gimana cara ngrubah KTP ini biar jadi E-KTP sukoharjo..katanya nunggu dari KEMENDAGRI dulu..akirnya sampai sekarang belum saya urus..biar bisa jadi E-KTP sukoharjo gimana ya mas?trimakasih mohon dibalas secepatnya yam as saya lagi butuh ni.. email saya
    : dedekputih85@gmail.com

      kanglondo responded:
      November 3, 2014 at 8:58 am

      jawabnnya sama mas dngan apa yang saya tanyakan. untuk membuat e ktp di sukoharjo nunggu dri kemendagri, ktp yang diberikan kab. sukoharjo (bukan e ktp) katanya sah untuk digunakan bila ngurus sesuatu.

    endro said:
    October 28, 2014 at 6:22 am

    bisakah mengurus akte kelahiran dengan buku nikah suami saja? perlengkapan lain Sdh lengkap,cuma buku nikah istri Yg tidak tahu keberadaannya,Bisakah mengurusnya untuk saat ini Yg Saya butuhkan..

    lusy said:
    November 12, 2014 at 3:39 am

    Masak mau ngrus surat pindah tempat aj susahx mnta ampun…pasti ujung2nya minta uang..itu lo udh pkerjaanx mreka melayani masyarakat knp harus pakek uang lagi….dilaporin aja aggota pengurus yh sprtti itu

    Pelangi said:
    December 3, 2014 at 6:00 am

    Terimakasih infonya, sangat bermanfaat bagi sata, tp ada yg ingin saya tanyakan, jika saya mau pindah penduduk ke orang tua saya dulu karena saya sudah bercerai dengan suami, apakah prosedurnya juga seperti itu ya pak, masih satu propinsi, tapi sudah beda kabupaten, terimakasih.

    aby said:
    March 10, 2015 at 9:01 am

    Assalamualaikum mau tanya mas… saya mau pindah e-ktp dari Bekasi ke bogor semua sudah beres tinggal saya mau buat KTP yang saya mau tanyakan memang berapa lama kalau kita buat ktp pengganti yg lama itu….. saya pernah tanya sama orang kecamatannya lama buat ktp pengganti itu 3 bulan apa betul mas… terima kasih

      kanglondo responded:
      March 11, 2015 at 4:33 pm

      kalau istri saya dulu buat ktp pengganti (baru) cuma sehari mas. Hari ini masukkkan berkas dari kab. asal dan beberapa surat pengantar dari kelurahan/kecamatan domisli. Besoknya sudah dapat ktp pengganti. Tapi ktp nya bukan e ktp, hanya ktp penggnati saja.

    tiant said:
    March 28, 2015 at 5:44 pm

    Mohon info.sy sdh mengurus surat pindah sampai disdukcapil sesampai fu sana sy dpt tanda terima surat pindah dan waktu pengambilan 3minggu.akan tetapi sy tifak di info kan untuk mengambil kembali berkas nya dimana.ada yg bilang ambil berkasnya kedisdukcapil dan ada yg bilang ambilnya dikecamatan domisili awal.tlng info ya

    ugi said:
    May 5, 2015 at 2:55 pm

    Numpang tanyak mas2/mbak2.itu waktu surat pindahkn waktux 30hri.
    Nah klo lbih dri itu di urus aph msh bisa yach .tlong di replay help me thanks

    ugi said:
    May 5, 2015 at 2:59 pm

    Mas numpang tanyak,klo misalnya surat pindah mlebihi 30hri,

    Dri yg dterbitkan aph msh bisa di urus yach

    ermand said:
    May 15, 2015 at 7:07 am

    Kanglondo saya mau tanya..
    saya sudah ngurus surat dr jepara dan semuanya sudah selesai. Ktp asli n kk diminta pas d kecamatan.
    intinya sudah selesai utk d bawa n d urus d medan.
    tp saya serahkan atasan saya utk pengurusannya. Dan sampai skrg gak jd2.. ternyata blm d uruskan. Parahnya lagi surat2nya itu hilang. Trmasuk suratvpindah asli, skck asli ilang semua..
    sementara saya hanya pegang fotocopy surat pindah , skck, kk lama, akte kelahiran, dan fotocopy ktp jepara.
    itu gimana kang pengurusannya?
    Trimakasih…

    fitriyani said:
    August 13, 2015 at 1:09 am

    saya mau tanya apakah SKCK harus di urus langsung dengan yang bersangkutan terima kasih

      kanglondo responded:
      September 17, 2015 at 4:56 am

      seharusnya iya, tp dl kami diuruskan bpk mertua, selesai juga

        ana said:
        January 20, 2016 at 11:28 am

        Mas tanya dong waktu bikin skck itu kan harus tanda tangan yg bersangkutan…hla itu dibuatkan mertua hla tanda tangan.nya mas???
        Mohon dijawab…

        kanglondo responded:
        January 26, 2016 at 2:20 pm

        itu bapak yg ngurus, mungkin karena sudah kenal sama orang di sana jd lebih enak.

    niu ehuang xiaulian said:
    November 19, 2015 at 5:59 am

    Ciang pak, maaf ganggu sy mw nanya ne pak , gmna cranya bkin surat pindah tempat ,, coz sya org prwodadi jateng tetapi suami sya dh punya KK djkarta barat ,, sya jdi istri kn hrus ikut suami jdi sya hrus pndh tmpat ke jkrta,, xox dri kmpung sya susah & ribet bnget ya pak ngrusnya ,, tolong do g solusinya,, mkasih,

      kanglondo responded:
      November 23, 2015 at 2:37 pm

      Solusinya bukan ke saya mba, klo emang pindah ya selesaikan saja sesuai prosedur yang berlaku. Walaupun seharusnya sama prosedurnya tpi di lapangan tetap saja ada perbedaan masing-masing wilayah. Terima kasih

    syaiful said:
    December 14, 2015 at 12:54 am

    Pagi pak.
    Jika form pengambilan surat pindah hilang apa masih bisa mengambil berkas nya? Mohon petunjuk nya..
    Terima kasih

      kanglondo responded:
      December 15, 2015 at 4:01 am

      Sesmestinya harus mengambil atau mengisi lagi.

    wiyoto said:
    December 15, 2015 at 3:27 pm

    maaf mau tanya apa benar buat surat pindah sampai 3 bulan lamanya baru jadi

      kanglondo responded:
      December 15, 2015 at 3:54 pm

      Kami dulu njabut dr kota asal ndak sampai 3 hri, sedangkan memasukkan data ke kota bru, 2 hr selesai

    faisol said:
    June 4, 2016 at 4:11 am

    Apakah mengurus surat pindah d.kenakan biaya admind…?? Saya sama pacar saya sedang mengurus surat pindah pacar saya dari probolinggo ke pasuruan dan dikemakan biaya 50 rb. Belom juga biaya admin di kecamatannya. Dan kata mertua juga harus ngurus dipasuruan bayar 450 rb

      kanglondo responded:
      June 8, 2016 at 7:27 am

      Setahu saya tidak, ketika saya mengurus pindah di kota tujuan (Kab. Sukoharjo) sama sekali tidak diminta uang baik dari tingkat kelurahan, kecamatan bahkan ke dispendukcapilnya.

    warni said:
    June 23, 2016 at 7:54 am

    Aslkm mas maaf kl saya mau pindah ke jawa barat tp saya gk pulang apakah saya bisa mengurus lwat orang lain mas

      kanglondo responded:
      June 30, 2016 at 4:26 am

      Tergantung kebijakan masing2 instansi, kalau dulu kami bisa ketika mencabut dari kabupaten asal

    rizal said:
    June 29, 2016 at 4:34 am

    Saya mau tnya nii , KLO mau pindah tempat antar kabupaten TPI masih satu provinsi apa harus menggunakan KTP anak ank nya yg sudah memiliki KTP. . mohon jwbnya ,

      kanglondo responded:
      June 30, 2016 at 4:28 am

      Mohon diperjelas pertanyaannya. Apakah yang pindah sekeluarga termasuk anak yg punya ktp? Kalo sekeluarga otomatis ktp pun menjadi sayarat dalam perpindahan tersebut. Karena nanti akn diganti dengan ktp baru pada kota/kab yang dituju.

    tina said:
    July 22, 2016 at 7:52 am

    Calon suami saya pindah ke sukoharjo dari kalbar tujuannya biar mudah mengurus pernikahan..tp malah katanya ngurus KTP saja 3 bulan, padahal skrg serba mudah..stress dia kasian..

    yuni said:
    August 15, 2016 at 2:31 pm

    Maaf pak saya mau tanya itu syarat klo mau pindah kan harus ada skck klo pake skck lama kira2 bisa apa harus bkin baru? Mohon penjelasan nya

      kanglondo responded:
      September 14, 2016 at 10:14 am

      Biasanya, skck itu ada masa bsrlakunya ibu. Coba lihat skck lama masih relevan tanggalnya ndak

    dindin setiawan said:
    September 22, 2016 at 1:34 pm

    Bisa bantu pengurusan surat pindah plus pembuatan ktp kk baru ini contac saya 081214858875

      kanglondo responded:
      September 30, 2016 at 4:17 pm

      mohon maaf, saya hanya warga biasa bukan orang capil. minta bantuan sama orang capil saja mas lebih tepatnya. terima kasih sudah mampir

    Dini nurliawati said:
    September 25, 2016 at 4:34 pm

    Mlm mas sy mw tanya donk,mslah mw pindah dr kab k kota

    Edi Triatmadi said:
    September 26, 2016 at 6:50 am

    Gimana nih kang…saya sudh pindah ke boyolali dan saya mau buat E-KTP boyolali tpi disuruh bawa surat pindah lagi padahal surat pindah yg lama sudh dikumpulkan di kelurahan boyolali gimana nih kang solusinya

      kanglondo responded:
      September 30, 2016 at 4:15 pm

      Jika mas edi sudah pindah ke boyolali, seharusnya sudah punya ktp boyolali. Maka secara otomatis data anda sudah ada di capil boyolali. Jadi tinggal rekam e ktp di boyolali jika eman belum rekam. Tidak seharusnya minta surat pindah lagi.

    Hendri setiawan said:
    October 16, 2016 at 7:42 am

    Mas mau tanya kalo nyabut berkas dari dukcapil asal bisa di wakilkan oleh orang lain atau tidak trmksh.

      kanglondo responded:
      October 25, 2016 at 7:06 pm

      klo dulu saya boleh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s