Ciri-Ciri Orang Haid

nyeri-haidAda yang tahu rasanya orang datang bulan? Maklum saya laki-laki yang mungkin hanya bisa mendengar keluh kesah dari istri ketika datang bulan tiba. Saya yakin semua laki-laki pun akan melakukan hal yang sama terhadap istrinya, mendengar keluh kesah karena sakit bahkan mungkin juga ada yang siap sedia untuk membantu mengurangi rasa sakit saat haid dengan berbagai macam cara. Karena tidak mungkin menggantikan rasa sakit itu, ya saya hanya bisa untuk menawarkan segala sesuatu yang bisa meringankan rasa sakit dan mencoba untuk menghibur untuk sedikit melupakan rasa sakit yang menyerang.  Mau minta diambilkan minyak kayu putih …. siap …. mau minta diambilkan makan…. siap …. mau yang lain ….. tentu siap …. Ya seperti itu yang saya lakukan kepada istri saya ketika memang haidnya benar-benar menyiksa dirinya, terutama saat nyeri haid di perut. Tapi alhamdulillah istri saya termasuk jarang nyeri sakit waktu haid di bagian perutnya, biasanya hanya timbul jerawat di mukanya. Tetapi kalau sudah nyeri di bagian peru t…wuuhhh…. benar-benar harus siaga 1.

Sahabat, apa saja yang dialami orang yang sedang haid? Berikut ini mungkin bisa menjadi gambaran beberapa hal yang dialami ketika sedang haid.

  • Emosi tidak stabil

Wuihhh hati-hati! Emosinya ga stabil …. bisa-bisa kena semprotan nihh!! Tenang sahabat … tidak berarti kita harus takut menghadapi orang haid karena emosi yang tidak stabil. Pandai-pandai saja untuk berbicara terhadap orang yang sedang haid. Tetapi kalau kita tidak tahu orang yang kita ajak bicara ternyata sedang emosi tinggi karena haid gimana nih?? Ya, ini menjadi hikmah bagi kita, berarti lewat orang haid ini lah kita berlatih untuk bisa berbicara dengan baik, tidak sembarangan berbicara agar tidak menyinggung perasaan orang lain, dan melatih kita untuk peka terhadap situasi dan kondisi orang lain.

  • Pengin diperhatikan (bagi yang sudah punya pasangan)

Nah … kalau yang satu ini, agak meragukan nihhh, jangan-jangan ini hanya akal-akal istri supaya dimanja dan diperhatikan sang suami. He he he maklum tulisan ini berdasarkan pengalaman dari istri saya. Tetapi kalau pun hal ini juga melanda istri Anda (bagi para suami), tidak ada salahnya untuk memanjakan sang istri sesuai dengan permintaannya asalkan masih dalam batas wajar dan bisa untuk dikerjakan.

  • Mulai timbul jerawat

Kalau saya sebagai laki-laki, cuek yang namanya jerawat. Tetapi berbeda dengan wanita, kalau jerawat menyerang apalagi di wajah, wah seakan-akan dunia mau runtuh. Lihat saja berbagai iklan di tv mengenai cream penghilang jerawat, gadis-gadis shock berat ketika jerawat datang apalagi mau janjian dengan sang pacar. Wah ..wah …ribet  juga nih urusannya. Nah, begitu juga ketika haid datang, jerawat sering kali muncul di permukaan wajah wanita. Untuk masalah ini, beberapa orang sudah saya amati ketika haid bertandang jerawat pun ikut datang.

  1. Payudara menegang atau agak nyeri

Untuk bagian ini, saya sendiri tidak terlalu memahami. Tetapi kata istri saya, biasanya ketegangan pada payudara sangat terasa pada putting susu. Puting susu agak sedikit menegang dengan ukuran lebih besar dari biasanya dengan sedikit keras dan kencang.

  • Badan terasa pegal-pegal

Berasa pegal-pegal di seluruh badan menajdi slaah satu ciri yang khas dari haid. Kalau kata istri saya, bagian yang sering terasa pegal di bagian bahu dan punggung. Tetapi tenang sahabat, hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Bagi Anda para suami, ini saatnya membuktikan cinta Anda kepada istri. Tawarkan utnuk memberikan pijatan kepada istri Anda. Hal ini akan dihargai istri sebagai ungkapan kasih sayang kepadanya. Dan efeknya tentu keharmonisan dan kehangatan keluarga akan selalu terjaga.

  • Nyeri pada perut

Seperti yang ungkapkan di awal. Kalau nyeri pada perut sudah menyerang, sebagai suami Anda harus benar-benar siaga 1. Rasa sakit atau nyeri ini biasanya melebihi sakit nyeri pada maag, kembung dan perih luar biasa. Bahkan ada yan g sampai mengeluarkan keringat dingin. Lebih parahnya, ada yangsampai pingsan karena tidak kuat menahan rasa sakit tersebut.

Semoga sedikit pemaparan tersebut bisa menjadi pengetahuan bagi kita. Baik Anda sebagai seorang wanita yang akan dan sedang mengalami haid maupun bagi seorang pria yang nantinya akan mengetahui secara lebih jelas ketika Anda sudah memiliki pasangan. Terima kasih.

13 thoughts on “Ciri-Ciri Orang Haid

  1. Sorayyah

    sebenernya nggak gitu juga mas. haha.

    1. biasanya untuk nyeri nggak selalu terjadi setiap bulan. Biasanya nyeri terjadi kalo kondisi si Ceweknya nggak fit. untuk nyeri di dada, nggk semua di bagan “puting”. ada yang di dibagian dalam, dan sakit banget. (haha) dan untuk di perut, sebenarnya sakitnya nggak pas diperut, tapi dibawah pusar, sejajar dengan rahim. itu karena saat haid, rahim wanitanya kan terluka, dan karenn lukanya tidak berhenti malah bikin kram. yah, pengalaman saya sih

    2. soal diperhatikan ya seperti mas kang londo demam. pasti ingin diperhatikan, kan? apalagi dengan badan pegal2, kram dbagian dada dan perut selama seminggu.

    yah, overall, lucu juga melihat pandangan laki2 tentang haid. nice post.

    Reply
    1. kanglondo Post author

      tengkyu mba sorayyah atas koeksinya …. he he he … maklum hanya bisa jadi pengamat saat istri haid tp tak bisa merasakannya …

      Reply
  2. Andika Xp

    Hhe.. lumayan ni buat referensi. takutnya, ga tau apa-apa sayanya di semprot ga karuan (yah mungkin yg nyemprot lagi haid :P). yah, walau belum ada yang mungkin nyemprot tapi artikelnya bisa jadi senjata di kemudian hari🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s