Menumbuhkan Minat Baca

budaya-membaca-buku1Apa hobi atau kegemaran Anda sahabat? Setiap dari kita pasti memiliki kegemaran yang selalu menjadi alternatif kegiatan untuk menghilangkan stress karena rutinitas harian. Atau mungkin memang hobi terkadang sudah menjadi kebutuhan dengan selalu rutin dilakukan setiap minggunya. Oh iya bahkan ada sebagian orang yang memanfaatkan hobinya menjadi peluang usaha untuk menambah pundi-pundi tabungannya. Tetapi dalam tulisan ini saya tidak ingin membahas hobi yang menghasilkan uang. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba untuk menceritakan salah satu hobi saya yang semoga bisa menjadi alternatif pilihan bagi sahabat.

Membaca. Mungkin bagi sebagian orang membaca merupakan aktivitas yang membosankan. Tetapi bagi saya dan juga sebagian orang yang suka aktivitas ini, membaca membantu diri kita lebih rileks sekaligus dapat memberikan wawasan dan ilmu yang baru bagi kita. Membaca memberikan rileksasi bagi pikiran kita setelah menghadapi rutinitas harian. Membaca memberikan ruang privasi tersendiri bagi kita, karena membaca memerlukan tempat yang tenang maupun suasana yang mendukung. Membaca memberikan nutrisi ilmu bagi orang-orang yang merasa haus akan ilmu. Sehingga membaca memberikan suasana yang menyenangkan bagi setiap orang yang sudah ketagihan akan membaca. Bahkan terkadang, ketika tidak membaca dalam waktu yang lama ada sesuatu yang hilang dari  bagian diri saya. Dan saya yakin hal ini juga dialami oleh semua orang yang suka membaca.

Sekarang yang menjadi permasalahan, bagaimana menarik orang yang tidak suka membaca menjadi suka  membaca? Dengan kata lain, bagaimana menumbuhkan minat membaca pada diri kita? Berikut ini ada beberapa pengalaman saya yang bisa jadi menjadi tips bagi Anda  untuk meenumbuhkan minat membaca Anda.

  1. Mulailah dengan niat yang ikhlas agar dimudahkan oleh Allah dalam memahami makna bacaan/buku yang akan Anda baca.
  2. Pilihlah buku yang sesuai dengan minat Anda. Untuk pemula, hal ini sangat penting untuk menumbuhkan minat membaca. Setelah selesai membaca buku pertama, maka Anda akan tertantang untuk membaca buku-buku yang lain.
  3. Pilihlah buku yang tidak terlalu tebal. Tebal dan tipisnya sebuah buku mempunyai pengaruh terhadap semangat membaca. Kalau orang baru mau membaca sudah membayangkan tebalnya buku, sudah dipastikan akan sedikit “aras-arasen’ untuk membaca buku sampai selesai. Maka dari itu, bagi Anda yang baru menyukai membaca, bacalah buku yang tidak terlalu tebal hal ini untuk membiasakan Anda mau dan mampu menyelesaikan membaca sebuah buku secara penuh.
  4. Anggap buku yang Anda pilih merupakan menu makan yang lezat penuh nutrisi bagi Anda. Sama halnya dengan memakan sebuah makanan, tentu Anda akan bersemangat ketika makanan yang Anda santap penuh dengan gizi. Buku merupakan “makanan’ penuh gizi bagi jiwa Anda. Buku merupakan penyuplai kesegaran cara pandang kehidupan bagi ruhani Anda.
  5. Bacalah endorsmen-endorsmen yang diberikan oleh orang-orang terkenal dalam buku tersebut. Hal ini akan menumbuhkan rasa keingintahuan Anda terhadap isi dari buku tersebut.
  6. Bacalah buku tersebut ditempat kesukaan Anda yang mendukung untuk membaca. Hal ini membantu Anda untuk berkonsentrasi, karena biasanya dengan rasa senang berada di tempat kesukaan akan menimbulkan rasa nyaman dan hal ini mendukung untuk berkonsentrasi dalam membaca.
  7. Carilah hal-hal yang menarik bagi Anda dalam buku tersebut. Menemukan sesuatu yang menarik dalam buku yang Anda baca, akan memancing rasa penasaran Anda terhadap buku tersebut. Rasa penasaran tersebut mampu menggiring kita untuk menyelesaikan membaca buku secara penuh.
  8. Refresh your mind and write! Cobalah untuk merefresh pikiran Anda. Carilah dengan saksama hal-hal yang penting yang menjadi pokok permasalahan dalam buku tersebut, kemudian tuliskan. Dengan merefresh dan menuliskan kandungan buku, mampu memberikan ingatan yang tajam terhadap buku tersebut. Sehingga manfaat membaca buku benar-benar terasa karena apa yang kita baca, mampu bertahan lama dalam memori kita.

Demikian tips-tips dari saya, yang saya ambil dari pengalaman pribadi. Semoga dapat bermanfaat dan mari budayakan membaca buku untuk kebaikan jiwa kita dan untuk kebaikan sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s