Mengajarkan Anak untuk Berperilaku Sopan

anaksopansantun200iiSikap sopan dan santun tentu sesuatu perilaku yang sangat diharapkan oleh semua orang tua. Tetapi sikap santun tidak bisa serta merta muncul dan dimiliki secara langsung oleh anak. Sikap sopan dan santun perlu diajarkan dan dicontohkan oleh orang tua si anak ataupun orang-orang terdekat dari anak. Maka dari itu, peran serta orang tua sangat penting untuk mendukung perilaku sopan dan santun oleh anak.

 

Berikut ini beberapa tips dan langkah-langkah untuk mengajarkan anak berperilaku sopan dan santun.

  • Memberikan contoh berbahasa yang baik

Umumnya, anak kecil adalah peniru yang baik. Mereka mempelajari setiap kata, perilaku, aksi dan reaksi dari orang-orang sekitar terutama orang tua, kakek-neneknya, ataupun orang-orang yang berada di sekitarnya. Hal ini menjadi keuntungan untuk mengajarkan bahasa-bahasa yang baik kepada anak.

Mengajarkan kata-kata sederhana kepada anak merupakan langkah awal untuk memulai mengajarkan sikap sopan dan santun. Kata terima kasih, tolong dan maaf merupakan kata-kata awal untuk diajarkan sejak dini. Biasakan untuk mengucapkan “terima kasih” ketika anak melakukan sesuatu untuk Anda. Ucapkan “maaf” apabila kita melakukan kesalahan, dan ucapkan “tolong” apabila kita meminta bantuan kepada anak. Hal tersebut harus dibiasakan agar anak mengerti dengan sendiri makna dari kata-kata tersebut.

  • Memberikan teladan yang baik

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa, anak tidak mendengar dengan telinga, tetapi mendengar dengan  melihat. Ungkapan tersebut mempunyai arti bahwa anak memahami semua ketidaktahuan dengan melihat keadaan sekitarnya. Mereka mencoba untuk menirukan semua yang dilihatnya. Kemudian menjadikan apa yang dilihatnya untuk dijadikan kebiasaannya. Selama kita menampilkan perilaku yang baik (sopan dan santun) maka itu langkah awal mengajarkan mereka untuk berperilaku sopan dan santun karena mereka akan menirukan apa yang kita lakukan.

  • Ajarkan sopan santun sejak dini

Mengajarkan sopan dan santun harus dimulai sejak dini. Kebiasaan berperilaku baik sejak dini mempermudah bagi kita untuk mengajarkan semua hal yang belum diketahui sang anak. Dan hal ini membantu sang anak untuk belajar hal-hal lain dengan sikap-sikap yang baik. Dan secara otomatis anak akan mempunyai karakter dan kepribadian yang baik dalam perilaku sehari-hari.

  • Peduli dan Empati

Kebiasaan anak berperilaku tidak baik biasanya dipicu karena mereka ingin diperhatikan. Berikan perhatian kepada anak saat mereka sedang marah maupun sedang dalam keadaan badmood. Hal ini akan dirasakan anak sebagai kasih sayang yang dalam bagi mereka. Ingatkan dengan kata-kata halus apabila anak berlaku kasar terhadap orang lain.

  • Konsistensi

Jangan pernah bosan untuk mengajarkan perilaku sopan dan santun. Anak-anak bisa saja melupakan bagaimana berperilaku baik, sehingga menjadi kewajiban bagi orang tua untuk selalu mengingatkan bagaimana bersikap sopan dan santun.

Mari kita mulai sejak dini mengajarkan sikap dan santun kepada anak-anak kita.

Sumber:

http://tabloidnova.com

http://erryk-kusbandhono.blogspot.com

http://sahabatnestle.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s