Musibah Daging Sapi untuk PKS

lutfi hasa

Penahanan Luthfi Hasan Ishaaq karena kasus dugaan suap impor daging sapi, beberapa hari sangat marak diberitakan oleh media massa. Terang saja, karena Lutfi Hasan Ishaaq merupakan Presiden PKS. Orang nomor satu di PKS, di mana semua orang tahu bahwa PKS selama ini terkenal dengan partai yang bersih. Adanya dugaan kasus usap ini menyebabkan noda yang teramat sulit untuk dihapuskan andai saja kalau hal ini benar-benar terbukti di pengadilan.

Walaupun sudah berstatus tersangka, tetapi semua masih bisa berubah. Status tersangka tersebut memang diematkan kepada Luthfi Hasan Ishaaq mengingat proses yang dijalankan KPK melalui operasi tangkap tangan. Tetapi itu semua belum keputusan final sampai keputusan pengadilan membuktikan bahwa Luthfi Hasan Ishaaq  benar-benar dinyatakan bersalah. KPK selaku institusi penegak hukum, pastinya tidak sembarangan dalam memutuskan seseorang menjadi tersangka. Bukti yang kuat pasti sudah dikantongi oleh KPK untuk benar-benar membuktikan mantan Presiden PKS tersebut memang melakukan tindak pidana tersebut.

Apakah masih ada ruang pembelaan/penyelamatan bagi Luthfi Hasan Ishaaq yang kini berstatus tersangka? Hal ini tentu yang harus dilakukan PKS untuk menyelamatkan kader mereka (Luthfi Hasan Ishaaq) serta  menyelamatkan citra bersih PKS. Dalam Kamus Hukum, tersangka adalah seorang yang disangka telah melakukan suatu tindak pidana dan ini masih dalam taraf pemeriksaan pendahuluan untuk dipertimbangkan apakah tersangka ini mempunyai cukup dasar untuk diperiksa di persidangan. Berawal dari sini lah, PKS mesti bergerak cepat untuk mengumpulkan materi-materi yang akan digunakan untuk pembelaan Luthfi Hasan di pengadilan. Kalau tidak, PKS akan benar-benar kehilangan kepercayaan baik dari kader, simpatisan maupun orang-orang yang sejatinya akan menjadi konstituennya di 2014 nanti.

Terpilihnya Anis Matta sebagai Presiden PKS baru diyakini oleh sebagian besar kader mampu untuk mengangkat citra partai. Akan tetapi seberapapun besarnya kualitas kepemimpinan yang dimiliki oleh Anis Matta, tentu akan sangat sulit mengangkat PKS apabila Luthfi Hasan Ishaaq benar-benar dinyatakan bersalah. Mungkin Anis Matta diyakini mampu mengontrol gejolak internal partai mengenai persepsi publik yang berkembang. Tetapi persepsi publik bahwa PKS seperti halnya partai biasa yang tak lepas dari jerat suap dan korupsi sudah terbentuk. Dan ini akan sulit untuk dihapus manakala dugaan suap Luthfi Hasan benar-benar terbukti.

Dampak kasus ini akan signifikan untuk 2013 dan 2014 ini. Kenapa 2013? Benar saja, tahun 2013 banyak pengamat mengatakan sebagai tahun politik. Banyak pilkada yang berlangsung. Bahkan yang paling dekat adalah pilkada Jawa Barat dan Sumatera Utara. Banyak yang meyakini, kasus ini akan berdampak signifikan terhadap suara PKS. Terang saja, bagaimana kader PKS bisa merebut simpati masyarakat ketika mantan presidennya  terlibat kasus dugaan suap impor daging. Bagaimana kader PKS bisa menjelaskan masalah ini kepada konstituennya di daerah dengan kondisi yang seperti ini. Bisa dikatakan ini menjadi sebuah misi yang impossible bagi PKS terutama bagi Anis Matta selaku presiden yang baru. Tetapi banyak pula orang yang meyakini semua ada kemungkinannya. Sehingga perlu kerja ekstra untuk benar-benar mendapatkan suara pada pilkada-pilkada di tahun 2013 ini. Dan itu semua secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pemilu 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s