Pemuda di Tengah Pusaran Narkoba (Selesai)

Part 3 (selesai) : Langkah Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Setelah memahami berbagai jenis-jenis narkoba dan psikotropika, maka langkah yang harus kita lakukan adalah mencoba menghindari dan mencegah diri sendiri, keluarga maupun sahabat dari pengaruh penyalahgunaan narkoba. Berikut ini beberapa langkah untuk mencegah penyalahgunaan narkoba.

  • Berperilaku hidup sehat

Berperilaku hidup sehat bukan berarti hidup mewah. Ada banyak alternatif untuk menjaga perilaku hidup sehat. Berolahraga secara rutin, makan dan minuman dengan nutrisi yang cukup, menghindari merokok dan minum-minuman keras merupakan langkah-langkah kecil yang dapat kita lakukan sedini mungkin.

  • Memberikan informasi yang akurat dan jelas

Memberikan informasi yang akurat dan jelas mengenai bahaya dari setiap jenis narkoba merupakan kewajiban bila kita ingin membentengi/menyelematkan anak-anak kita (atau pun orang lainnya) dari bahaya narkoba. Dengan informasi yang akurat, diharapkan setiap anak muda/orang bisa berpikir lebih panjang mengenai dampak yang akan diterima setelah penggunaan narkoba.

  • Bekerjasama dengan tempat pendidikan (sekolah atau universitas)

Bekerjasama dengan sekolah ataupun universitas di mana anak-anak kita menuntut ilmu, untuk merancang program pemantauan, pencegahan, dan juga program penanggulangan narkoba secara holistic yang spesifik dengan pusat-pusat pendidikan tersebut. Lingkungan akademisi mampu menjadi benteng yang utama, apabila peran serta aktif bisa dikembangkan dengan baik, antara siswa, guru, dosen, orangtua dan isntansi terkait untuk membuat suatu program yang sifatnya penanggulangan dampak negatif narkoba.

  • Tanggap lingkungan

Orang tua selalu tanggap lingkungan di rumah mereka sendri, di mana anak-anak mereka tumbuh. Orang tua harus selalu sadar akan perubahan-perubahan kecil dari perilaku sang anak. Perubahan-perubahan masa puber dan peralihan anak menjadi remaja, remaja menjadi dewasa, tidak sama dengan perubahan perilaku seorang anak yang mulai terekspos pada narkoba, atau yang sudah kecanduan narkoba. Untuk itu,menjadi kewajibanyang utama bagi orang tua untuk lebih peka dan tanggap terhadap perkembangan anak.

  • Bekerjasama dengan lingkungan rumah

Dalam masyarakat, akan sangat baik apabila kita bekerjasama dengan lingkungan rumah kita seperti dengan ketua RT, RW, dsb. Terutama dengan tetangga yang mempunyai anak seusia atau yang lebih tua dari anak kita. Menjalin hubungan yang baik dengan para tetangga selalu mendatangkan kenyamanan dan keamanan bagi kita.

  • Hubungan interpersonal yang baik

Hubungan interpersonal yang baik dengan pasangan dan juga dengan anak-anak kita, akan memungkinkan kita melihat gejala-gejala awal pemakaian narkoba pada anak-anak kita. Kedekatan hubungan batin dengan orang tua akan membuat anak merasa nyaman dan aman, menjadi benteng bagi keselamatan mereka dalam mengarungi kehidupan mereka nanti.

Sumber :

http://www.bnn.go.id

http://id.wikipedia.org

http://bomberpipitpipit.wordpress.com

http://belajarpsikologi.com

http://kampungbenar.wordpress.com

http://indonesiabergegas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s