Endorsemen

Dalam tulisan saya terdahulu mengenai Menumbuhkan Minat Baca, ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menumbuhkan minat baca Anda.  Di dalam sekian langkah tersebut, ada langkah yang saya cantumkan mengenai bacalah endorsement tentang buku tersebut. Endorsemen mampu membuat Anda lebih tertarik membaca suatu buku karena banyak pakar atau ahli yang menyarankan Anda untuk membaca buku tersebut. Hal ini dapat memicu Anda untuk menghabiskan halaman per halaman dalam buku tersebut, sehingga satu buku penuh dapat Anda baca sampai selesai.

Pertanyaannya, apakah endorsemen itu? Mengapa dapat memberikan semangat membaca bagi kita? Untuk yang sudah familiar dengan kegiatan membaca buku pasti sudah mengerti makna endorsemen. Tetapi mungkin bagi Anda yang baru menyukai hobi membaca buku mungkin kata ini sedikit asing bagi Anda.

Endorsemen dalam Kamus Online berarti pengesahan, persetujuan, pengabsahan, dukungan atau sokongan. Dalam hal ini dapat kita simpulkan secara sederhana bahwa endorsemen merupakan segala bentuk (dalam semua hal) pengesahan, persetujuan, pengabasahan, dukungan ataupun sokongan terhadap sesuatu hal.

Dalam Kamus Bisnis dan Bank, endorsemen dapat diartikan sebagai penyerahan satu surat berharga atas unjuk oleh seorang kepada pihak lain, dengan disertai pernyataan pengalihan haknya atas surat tersebut.

Endorsemen dalam perbukuan berarti tetsimoni atau komentar dari pakar/ahli mengenai isi suatu buku maupun penulis buku tersebut. Endorsemen memang menjadi salah resep yang cukup manjur untuk menarik pembaca buku. Sehingga, seperti yang disampaikan Edy Zacques (penulis buku-buku best seller) dalam http://ezonwriting.wordpress.com,  endorsemen merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup jitu. Setiap penulis berlomba-lomba untuk mendapatkan endorsemen dari berbagai pakar maupun senior sesuai tema yang diajukan dalam buku tersebut. Sehingga posisi endorsemen pada saat ini menjadi bagian yang cukup penting dalam sebuah buku. Karena sangat disadari oleh pelaku industri penerbitan, endorsemen merupakan salah satu komponen dalam pemasaran suatu buku. Semakin terkenal (ahli dalam bidang tertentu) orang yang memberikan endorsemen terhadap suatu buku, bisa dipastikan buku tersebut bukanlah buku yang sederhana. Tentunya buku tersebut mempunyai daya saing dan daya jual yang tinggi. Sehingga peluang keuntungan yang sangat tinggi akan mudah untuk diraih.

Endorsemen mempunyai fungsi sebagai penegas kualitas isi dari suatu buku dan penulisnya. Endorsemen mampu merepresentasikan kelebihan-kelebihan secara tersirat dengan pernyataan para endorser. Endorsemen memberikan suatu gambaran manfaat dan kelebihan dari buku tersebut. Sehingga endorsemen sangat baik untuk dibaca di awal kita mau membaca suatu buku. Seperti yang saya ungkapkan di awal, endorsemen mampu memberikan kesemangatan kita untuk menyelesaikan suatu buku karena kita dapat melihat secara sekilas kelebihan dan manfaat yang terkandung dalam sebuah buku. Maka dari itu, banyak keuntungannya ketika kita membaca endorsemen.

Sedangkan bagi penulis, endorsemen menjadi suatu kebanggaan tersendiri, karena hasil karya kita dihargai oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Tidak hanya itu, apabila kita mampu mencari endorser dari tokoh terkenal diyakini mampu memberikan efek yang baik bagi perkembangan karya-karya kita selanjutnya. Sedangkan bagi penerbit, hal ini memberikan keuntungan secara finansial. Dengan endorser ahli mapun tokoh terkenal menjadi senjata pemasaran tersendiri bagi terjualnya buku dalam jumlah banyak. Sehingga, endorsemen memberikan efek yang positif bagi semua pihak yangberkaitan dengan dunia perbukuan/tulis menulis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s