Lima Kiat Agar Anak Semangat Makan

medfr05854Masalah susah makan anak memang menjadi masalah yang umum ditemui oleh orang tua. Hal in sering ditemui pada anak yang masih berumur balita (1-5 tahun). Hal ini wajar karena pada usia ini, anak-anak lebih senang untuk bermain daripada menunggu disuapi untuk makan. Sehingga menyebabkan daya tahan anak menurun. Akibatnya anak menjadi lebih rentan sakit karena daya tahan yang menurun.

Selain itu, sering kita jumpai anak yang menolak makan disertai dengan tangisan. Hal ini terkadang  membuat frustasi orangtua. Maka dari itu dibutuhkan cara-cara yang bijak untuk menyiasati agar pola makan anak teratur. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak menjadi bersemangat dalam makan.

  • Hargai selera makan si kecil

Setiap orang pasti ingin makan apabila merasa lapar. Begitu pula dengan anak, ketika buah hati merasa lapar maka secara otomatis dia akan meminta makan. Tetapi harus diingat oleh orang tua adalah pahami pola makan dari sang anak agar Anda tidak salah memberikan makan pada waktu yang tidak tepat. Jangan paksakan anak untuk makan, baik makanan berat ataupun sekedar camilan disaat anak tidak merasa lapar. Karena hal ini akan mengganggu pola makan yang sudah dijalani oleh anak

  • Sesuaikan jadwal makan buah hati

Sebagai orang tua Anda harus memahami dengan benar pola (jadwal) makan dari anak. Jangan sampai telat memberikan makan kepada anak. Batas minimal memberikan makan kepada sang anak adalah satu jam sebelum jam makan. Dan hal ini juga dapat Anda manfaatkan untuk memberikan susu maupun camilan.

  1. Sesuaikan porsi yang mampu disantap anak

Hindari memberikan porsi makan yang berlebihan kepada anak. Selain menjadi mubazir, menjadikan anak menjadi merasa kekenyangan. Berikan sesuai dengan porsi makan si kecil. Apabila masih kurang, biasanya si kecil otomatis akan mengatakannya kepada Anda.

  • Hadirkan suasana serius tapi santai

Aktivitas yang sangat aktif dari anak terkadang memberikan rasa jengkel tersendiri bagi kita. Belum lagi kalau si anak susah untuk disuapi makanan. Anda bisa memberikan cerita mini untuk mengajak buah hati mengetahui kegunaan makanan yang dia makan. Hal ini memudahkan Anda untuk menyuapi makanan bagi anak.

  • Libatkan anak

Sesekali, Anda bisa mengajak anak untuk membantu memilih bahan makanan di pasar atau supermarket. Hal ini memudahkan Anda untuk memberikan makanan kepada sang anak.

Semoga dapat memberikan solusi untuk membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam makan.

Sumber: Surat Kabar Kompas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s