Perempat Final Piala FA : Manchester United v Chelsea

MU-ChelseaMinggu (10 Maret 2013) ini akan menjadi pertandingan yang akan menyita perhatian bagi penggemar bola di dunia. Tidak terlepas di negeri kita, Indonesia, yang merupakan salah satu negara Asia yang mempunyai fans MU dan Chelsea yang sangat besar. Pertemuan antara kedua klub ini merupakan pertemuan yang cukup besar. Karena mempertemukan dua dari sekian klub besar di Inggris bahkan di di Eropa.

Manchester United yang kalah melawan Real Madrid pada Liga Champions Eropa kemarin Rabu (6 Maret 2013) harus menjamu Chelsea yang juga kalah saat melawan Steau Bucharest (8 Maret 2013). Kedua tim saat ini memang dalam keadaan yang tidak baik secara psikologis. Tetapi saya sebagai penggemar bola, melihat perasaan psikis tersebut tidak akan terlalu signifikan berpengaruh pada laga nanti. Bahkan hal tersebut akan menjadi pemicu bagi kedua tim untuk meraih kemenangan. Apalagi, musim ini keduanya hanya punya kesempatan untuk meraih double winner pada akhir musim nanti.

MU berpeluang untuk meriah gelar pada Liga Inggris dan Piala FA. Sedangkan Chelsea berpeluang untuk meraih Piala FA dan Liga Europa.  Sehingga pada helatan semifinal piala FA kali in sangat diyakini akan seru karena kesempatan untuk meraih satu piala akan dipertaruhkan pada pertemuan ini. Kalau kalah maka semakin memperkecil peluang untuk meraih double winner pada musim ini.

Menurut saya (walau sebagai fans Chelsea), secara objektif MU memang lebih diunggulkan karena tiga pertemuan terakhir di Old Trafford, Chelsea selalu kalah melawan MU. Selain itu perjalanan Chelsea pada musim ini tidak konsisten. Berbeda dengan MU yang masih konsisten menjaga performa dengan tetap kokoh di puncak klasemen Liga Inggris.

Bahkan dalam lima pertandingan terakhir MU hanya kalah dari Real Madrid, imbang sekali melawan Real Madrid pada leg 1 Liga Champions dan sisanya MU memetik kemenangan. Berikut daftar lima pertandingan terakhir MU.

06 Mar 2013 (PLC) Manchester United 1 – 2 Real Madrid
02 Mar 2013 (EPL) Manchester United 4 – 0 Norwich City
23 Feb 2013 (EPL) Queens Park Rangers 0 – 2 Manchester United
19 Feb 2013 (PFA) Manchester United 2 – 1 Reading
14 Feb 2013 (PLC) Real Madrid 1 – 1 Manchester United

Berbeda dengan Chelsea, lima pertandingan terakhir hanya meraih dua kemenangan, satu imbang dan dua kekalahan. Berikut lima pertandingan terakhir yang dijalani oleh Chelsea.

08 Mar 2013 (PLE) Steaua 1 – 0 Chelsea
02 Mar 2013 (EPL) Chelsea 1 – 0 West Bromwich Albion
28 Feb 2013 (PFA) Middlesbrough 0 – 2 Chelsea
24 Feb 2013 (EPL) Manchester City 2 – 0 Chelsea
22 Feb 2013 (PLE) Chelsea 1 – 1 Sparta Praha

Sedangkan lima pertandingan antara MU dengan Chelsea masih didominasi oleh MU dengan tiga kali kemenangan, satu imbang dan satu kali kekalahan. Berikut ini daftar head to head Manchester United vs Chelsea :
1 Nov 2012 Chelsea 5 – Manchester United 4 (Capital One Cup)
28 Okt 2012 Chelsea 2 – Manchester United 3 (Liga Inggris)
5 Feb 2012 Chelsea 3 – Manchester United 3 (Liga Inggris)
18 Sep 2011 Manchester United 3 – Chelsea 1 (Liga Inggris)
8 Mei 2011 Manchester United 2 – Chelsea 1 (Liga Inggris)

Sedangkan prediksi susunan pemain Manchester United vs Chelsea :
Manchester United
 : De Gea, Ferdinand, Vidic, Evra, Rafael, Carrick, Cleverley, Wellbeck, Young, Rooney, Van Persie

Chelsea : Petr Cech, Ivanovic, Azpilicueta, Ashley Cole, David Luiz, Obi Mikel, Ramires, Lampard, Hazard, Juan Mata, Demba Ba

Sebagai fans Chelsea, saya pun tetap berharap Chelsea dapat memenangi laga semifinal Piala FA ini. Walau secara objektif saya menilai MU lebih dinggulkan, tetapi sebagai fans Chelsea, saya tetap berpatokan bola itu bundar sehingga hasil akhir tetap akan ditentukan bagaimana memainkan bola di atas lapangan dengan sebaik mungkin. Dan tentunya berharap Chelsea menang melawan MU.

Peace …. Salam KTBFFH (Keep The Blues Flag Flying High).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s