Mengambil Keputusan Besar dalam Hidup

berubahMenjadi sebuah duri yang teramat tajam dalam tubuh apabila Anda berpikir harus memutuskan sesuatu yang besar dalam kehidupan Anda. Bahkan begitu menyiksa sampai membuat stress memikirkan resiko dari apa yang dihadapi apabila benar-benar mengambil keputusan yang besar. Kemapanan, rutinitas, zona nyaman dan ketakutan menghadapi kenyataan yang serba susah karena harus memulai dari nol akan menjadi pusat perhatian Anda. Bahkan orang-orang terdekat menjadi  tembok yang sangat sulit untuk ditembus saat Anda mencoba untuk memutuskan sesuatu yang besar dalam hidup. Sehingga membuat Anda hampir tidak berani untuk melangkah.

Tetapi hidup akan mengalir saja andai Anda tidak membuat sebuah keputusan besar yang akan mengubah hidup Anda. Sebaliknya, ketika Anda berani mengambil sebuah keputusan yang besar membuat Anda lebih tertantang dalam menjalani hidup. Bahkan kalau dianalogikan dengan bahasa sastra,  hidup terasa lebih berwarna. Perubahan memang menjadi suatu hal yang mutlak yang harus dilakukan oleh siapapun. Dengan perubahan itu pula Anda dapat memahami seberapa besar nilai hidup diri Anda. Artinya, semakin Anda mampu melakukan perubahan dengan mengambil keputusan yang tepat dan berani menghadapi resikonya  berati Anda telah memberikan nilai plus terhadap diri Anda. Sebaliknya apabila Anda masih ragu untuk melakukan perubahan dengan mengambil suatu keputusan besar dalam hidup, saya mengibaratkan hidup dalam kungkungan ketakutan. Apakah Anda mau menjadi orang yang takut menghadapi hidup? Saya yakin Anda semua tidak mau.

Tetapi parahnya, kebanyakan orang biasanya menunggu “waktu yang pas untuk berubah”. Dalam kata lain, biasanya orang akan mampu melakukan perubahan dalam hidupnya apabila kondisi sudah dalam keadaan terdesak. Terdesak berarti sulit untuk mencari alternatif solusi sehingga mau tidak mau harus melangkah untuk berubah dengan pilihan terbatas. Hal ini yang mestinya menjadi perhatian bagi Anda bahwa Anda harus sadar apa yang menjadi keputusan perubahan hidup didasarkan karena banyaknya pilihan dan kematangan berpikir serta keberanian untuk bertindak.  Bukan karena terdesak suatu kondisi dan minimnya pilihan untuk berubah. Justru dengan mengambil keputusan lebih awal akan membuat Anda lebih leluasa untuk memilih arah perubahan hidup. Jangan sampai menunggu untuk terdesak baru kenudian membuat sebuah pilihan untuk berubah. Menuju perubahan yang positif akan susah diraih karena tanpa dibarengi dengan kematangan berpikir untuk mengolah tahapan-tahapan perubahan yang akan dijalani. Jadi siapkan dengan baik, arah tujuan hidup Anda kemudian susunlah langkah-langkah yang harus diambil dan kapan waktu yang tepat untuk memulai perubahan hidup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s