Kaya tanpa Bekerja

ImageKaya tanpa bekerja? Apakah mungkin hal itu bisa? Bagi sebagian besar orang, hal itu tidak mungkin bahkan tidak masuk akal. Tetapi kenapa banyak motivator yang menyatakan kaya tanpa bekerja bisa diraih oleh siapapun.

Sebagai orang awam, saya pun berpikir hal yang sama dengan kebanyakan orang. Tidak mungkin kaya kalau tidak bekerja. Tetapi ketika saya mencoba berpikir lebih luas, hal itu tentu bisa saja diraih oleh siapapun. Karena dalam manajemen finansial, ada istilah financial freedom atau lebih kita kenal dengan kebebasan finansial. Kebebasan finansial seringkali didefenisikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang sudah tidak perlu bekerja lagi namun masih bisa tetap menerima penghasilan yang cukup untuk menghidupinya.

Kebebasan finansial juga dapat diartikan dengan passive income.  Passive income dapat diartikan bahwa uang dapat masuk dalam tabungan tanpa harus bekerja. Sedangkan active income merupakan pendapatan yang didapat karena mendapat upah atau gaji karena melakukan pekerjaan dan tidak akan mendapat pendapatan kalau tidak melakukan pekerjaan. Dari pernyataan tersebut ada hal yang mendasar yaitu masalah melakukan pekerjaan.  Active income melakukan pekerjaan sepanjang waktu untuk menghasilkan pendapatan sedangkan passive income tanpa harus bekerja tetapi dapat menghasilkan pendapatan.

Menurut Prilla Kinanti (Associate Financial Planner, TGRM Financial Planning Services) mengatakan bahwa ada beberapa tahap untuk menjadi seseorang yang meraih predikat financial freedom, yaitu:

  1. Financial Protection yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi pengeluaran bulanan minimum, untuk 2 bulan sampai 24 bulan tanpa harus bekerja.
  2. Financial Security yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya dapat mencukupi kebutuhan diatas minimum tanpa harus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.
  3. Financial Vitality yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pada tingkat Financial Security (di atas minimum) melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan sekunder tanpa harus bekerja, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.
  4. Financial Independence yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita yang sekarang. Dengan kata lain kita bebas tidak bekerja.
  5. Financial Freedom  yaitu suatu kondisi keuangan dimana kita mencapai investasi cukup banyak yang relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan (lebih baik dari gaya hidup sekarang).

Hal mendasar yang harus dilakukan dalam kebebasan finansial adalah dengan melakukan saving (menabung) dan investing (investasi). Harus ada keseimbangan yang jelas antara keduanya. Ketika kita melakukan investasi Anda harus melihat sejauh mana uang yang dapat ditabung dan dikonsumsi. Sehingga uang dapat dikendalikan dengan baik. Jangan sampai menginvestasikan uang Anda dalam jumlah yang besar tetapi Anda lupa akan menabung (untuk kebutuhan sewaktu-waktu) dan konsumsi per hari/per bulan. Kuncinya adalah lihat kebutuhan Anda dengan pendapatan yang Anda terima kemudian lakukan investasi dengan bijak secara bertahap untuk mendapatkan hasil investasi yang maksimal.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting, hindari atau bahkan hilangkan kebiasaan utang. Karena utang merupakan sikap yang dapat mematikan keinginan Anda untuk memenuhi kebutuhan yang primer atau sekunder. Dengan adanya utang, maka uang yang kita miliki akan terkonsentrasikan untuk membayar utang tersebut. Sehingga mengurangi jumlah investai maupun jumlah tabungan.

Semoga dapat bermanfaat untuk bersama-sama menjadi pribadi yang memiliki kebebasan finansial.

Sumber:

www.kompas.com

www.detik.com

Sumber gambar:

www.future-success.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s