Jadwal Terbaru UN 2013 untuk 11 Provinsi yang Ditunda Pelaksanaannya

ujian-nasional-un-2013Semrawutnya pelaksanaan UN 2013 ini menjadikan polemik tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia. Bahkan teman guru istri saya mengatakan pelaksanaan UN 2013 merupakan yang terburuk dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Terang saja, pelaksanaan UN 2013 yang digemborkan sudah siap, tetapi dalam pelaksanaan teknisnya ternyata banyak msalah yang terjadi. Mulai dari LJK yang tipis sehingga mudah sobek, tidak adanya LJK Braile bagi penyandang tuna netra di beberapa tempat, bahkan yang paling miris penundaan UN di 11 provinsi. Penundaan ini menurut Menteri Pendidikan, Muh. Nuh dikarenakan kesalahan teknis percetakan yang terlambat dalam mencetak dan mempersiapkan pengepakan soal.

Efeknya tentu kondisi psikologis siswa yang jadi korban dimana mereka sudah sangat siap untuk ujian tetapi tiba-tiba dibatalkan. Mereka sudah mempersiapkan dengan sungkeman, tradisi muhasabah (dzikir perenungan) untuk mempersiapkan psikologi mereka bahkan parahnya ada siswa di perbatasan yang harus berjuang ke kota dengan biaya yang tidak sedikit untuk pergi ke kota dan mengikuti ujian di salah satu SMA di kota tersebut. Sungguh memilukan adanya peristiwa seperti ini.

Tetapi walau bagaimanapun juga, tetap saja siswa harus mempersiapkan diri untuk melakukan ujian tunda (susulan) yang harus mereka hadapi. Saya hanya berharap siswa sudah bisa kembali menata hatinya untuk mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi UN Tunda. Berikut ini jadwal terbaru Ujian Tunda dan Ujian Susulan di 11 provinsi yang mengalami penundaan

Jadwal Terbaru UN SMA Sederajat di 11 Provinsi Wilayah Indonesia Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s