Juara Liga Europa 2013, Chelsea Pecahkan Rekor

juara eropaChelsea berhasil menjuarai Liga Europa usai menekuk Benfica 2-1 di Amsterdam Arena, Kamis (16/5/2013). Chelsea menjuarai Europa League 2013 dengan mengalahkan Benfica 2-1 di Amsterdam ArenA. Dua gol kemenangan Chelsea dicetak Fernando Torres (menit ke-60) dan Branislav Ivanovic (93’), sementara gol Benfica dibuat Oscar Cardozo (68’).

Kesuksesan Chelsea menjuarai Liga Europa ini menorehkan catatan tersendiri bagi klub asal London tersebut. Mereka kini menjadi klub keempat yang menjuarai tiga (treble) kompetisi antarklub Eropa, yaitu Piala Winners, Liga Champions, dan Liga Europa. Selain Chelsea, baru ada tiga klub lain yang pernah mengukir catatan serupa. Ketiga klub tersebut adalah Ajax Amsterdam (Belanda), Bayern Muenchen (Jerman), dan Juventus (Italia).

Gelar Winners Cup direbut Chelsea pada tahun 1971 dan 1988, sementara Liga Champions baru saja diperoleh tahun lalu. Dan, musim ini Chelsea berhasil menjuarai Liga Europa 2013. Sehingga kemenangan ini menjadi catatan rekor lagi bahwa Chelsea juga menjadi klub pertama yang juara Liga Champions dan diikuti juara Liga Europa dalam dua musim berturut-turut.

Selain itu, keberhasilan Chelsea menjuarai Europa League membuat rekor lain yaitu The Blues menjadi klub Inggris pertama yang mengoleksi seluruh gelar Eropa. Yaitu Piala Winners (1971 dan 1988) , Liga Champions (2012) dan Liga Europa (2013).

Seperti yang dilansir sport.detik.com, kemenangan ‘Si Biru’ itu membuat klub Inggris sudah tujuh kali menjadi pemenang di Piala UEFA/Liga Europa, membuatnya ada di posisi dua peringkat pemenang kompetisi itu bersama Spanyol. Cuma Italia, sembilan gelar, yang punya klub pemenang lebih banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s