Cara Mengecek Data Verifikasi Guru di Dapodik

Banyaknya para guru yang ingin mengakses ke situs resmi Dapodik, menyebabkan situs itu tidak bisa dibuka. Saya pun mengalamai hal yang sama ketika membuka situs Dapodik. Berulang kali membuka, berulang kali pula situs Dapodik tidak bisa dibuka. Hal ini dikarenakan membludaknya kunjungan yang menyedot bandwidth yang cukup besar atau bisa jadi ketidakstabilan server karena mendapakan kunjungan yang sangat banyak.

Pihak Dapodik telah melakukan merevisi ulang dengan membuat empat alamat URL khusus untuk memudahkan akses. Tetapi kenyataannya tidak jauh berbeda. Empat alamat yang baru masih saja sulit untuk dibuka. Inilah kelemahan sistem online, jika server dan bandwidth tidak kuat, maka akan susah untuk diakses.

Banyak orang yang menyarankan untuk mengakses di atas pukul 23.00 WIB, tetapi kenyataannya sama saja. Saya mencoba mengakses jam 00.30 WIB pun masih saja sulit untuk diakses. Tetapi terkadang ketika sedang beruntung, pada pagi hari pukul 09.00 WIB pun bisa diakses. Itu beberapa pengalaman saya mengenai ketidakstabilan server Dapodik dan harapannya, pihak Kemendikbud segera memperbaiki server dan memperbesar bandwitdth agar gangguan semacam ini tidak terjadi lagi.

Berikut ini empat alamat yang baru untuk mengakses Dapodik, ketika gagal pada link pertama cobalah untuk mengakses link yang lain. Apabila masih belum bisa, Anda bisa mengaksesnya pada saat-saat yang tepat alias beruntung.

Link 1.

http://223.27.144.195/info.php

Link 2.

http://223.27.144.195:8083/info.php

Link 3.

http://223.27.144.195:8082/info.php

Link 4.
http://223.27.144.195:8081/info.php

Setelah Anda sukses mengaksesnya, Anda akan dihadapkan dengan tampilan Dapodik seperti berikut.

 dapodik2

  • Setelah itu masukkan nomor NUPTK Anda yang sudah didapatkan sebagai username.
  • Masukan tanggal lahir Anda sebagai password. Format tanggal lahir TTTTBBHH. Misal 09 November 1980, formatnya menjadi 19801109.
  • Setelah masuk dan login, maka Anda dihadapkan dengan data identitas Anda. Data yang berwarna merah berarti data yang berwarna merah berarti data Anda belum di update, belum lengkap atau salah.
  • Silahkan lengkapi sesuai metode yang sudah dituliskan di NUPTK. Untuk melengkapi data yang belum valid biasanya dilakukan oleh operator Dapodik yang dulu pernah memasukkan data Anda ke Dapodik. Maka dari segera hubungi operator yang dulu ditugaskan untuk memasukkan data Anda.

Selamat mencoba dan tetap berusaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s