David Beckham Pensiun dari Sepak Bola

Dari sekian banyak pemain sepak bola, ada beberapa pemain favorit saya. Mulai dari Pavel Nedved (Rep. Ceko), Francesco Totti (Italia), Fernando Torres (Spanyol), Frank Lampard (Inggris), dan David Beckham (Inggris), mungkin David Beckham lah yang terbesar dan paling menginspiratif bagi saya. Dan, saya yakin semua orang termasuk anak kecil akan sangat terinspirasi dengan sosok David Beckham.

Bahkan Steve McCLaren (mantan pelatih timnas Inggris) mengatakan bahwa “Dia adalah kepribadian yang menginspirasi para pemain muda dengan perilaku dan profesionalismenya di dalam dan luar lapangan. Tapi, akhirnya dia adalah seorang pemimpin dan orang-orang mengikutinya,” tutur McClaren seperti yang dilansir sport.detik.com.

Beckham memulai kariernya bersama MU pada 1993. Selama 10 musim bersama Setan Merah, ia kemudian hijrah ke Real Madrid pada 2003. Setelah itu, ia melanjutkan kariernya ke Los Angeles Galaxy pada 2007-2012. Di Amerika, Beckham sempat bermain sebagai pemain pinjaman untuk AC Milan, sebelum memutuskan hengkang ke PSG pada 2013.

Beckham 1

Selama kariernya dalam sepak bola, Beckham sukses meraih sejumlah gelar bergengsi, di antaranya 6 trofi Premier League, 2 Piala FA, 1 Liga Champions bersama MU, 1 gelar Liga BBVA, dan Piala Super Spanyol (Real Madrid), 2 trofi MLS Cup (LA Galaxy), dan piala Ligue 1 (PSG). Selama 20 tahun, mantan kapten Timnas Inggris menjadi orang Inggris pertama yang mampu menjadi juara di empat negara berbeda.
Beckam 2
David Beckham telah menyatakan pensiun setelah hampir 20 tahun berkarier dalam sepak bola. Dalam periode tersebut, Beckham sukses menikmati gelar-gelar bergengsi bersama Manchester United, Real Madrid, Los Angeles Galaxy, dan Paris Saint-Germain.

Berikut momen penting Beckham dalam kariernya sebagaimana dilansir  
bola.kompas.com dari Sporting Life.

1975:
 Beckham lahir di Leytonstone pada tanggal 2 Mei.

1991: Beckham bergabung dengan tim muda Manchester United.

1992: Beckham menandai debutnya saat melawan Brighton di Piala Liga pada 23 September dan berhasil menjuarai Piala FA pada usia muda.

1993: Beckham menandatangani kontrak profesional di Old Trafford.

1995: Beckham bergabung dengan Preston sebagai pemain pinjaman pada Februari dan mencetak dua gol dari lima laga.

1996: Beckham membantu United menjuarai Premier League dan Piala FA. Pada tahun ini, Beckham menciptakan gol dari setengah lapangan saat bermain imbang 3-3 dengan Wimbledon. Dia juga menandai debutnya bersama timnas Inggris saat mengalahkan Moldova dengan skor 3-0.

1997: Beckham terpilih menjadi pemain muda terbaik versi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA).

1998: Mencetak gol pertama untuk Inggris dari sebuah tendangan bebas melawan Kolombia di Lens pada 26 Juni. Dia juga mendapatkan kartu merah saat melawan Argentina di Piala Dunia 1998.

1999: Beckham membawa United meraih gelar treble winner (Premier League, Piala FA, dan Liga Champions).

2000: Pada Mei, Bekcham berhasil meraih gelar Premier League untuk keempat kali bersama United setelah tim tersebut unggul 18 poin dari pesaing terdekatnya.

Pada November, Beckham untuk pertama kali ditunjuk sebagai kapten timnas Inggris dalam laga persahabatan melawan Italia di Turin. Saat itu, Three Lions dilatih oleh Peter Taylor.

2001: Pada Mei, Beckham kembali berhasil mengantarkan MU meraih gelar Premier League untuk ketiga kali berturut-turut.

2002: 7 Juni – Beckham mencetak gol dari titik putih saat melawan Argentina pada babak penyisihan grup Piala Dunia. Berkat gol tersebut, Inggris berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 1-0.

2003: Februari – Beckham terlibat insiden dengan pelatih Sir Alex Ferguson seusai MU dikalahkan Arsenal di Piala FA. Saat itu, Fergie marah dan menendang sepatu yang mengenai pelipis Beckham.

14 Juni: Beckham mendapatkan penghargaan atas jasanya di sepak bola pada saat perayaan ulang tahun Ratu Inggris.

17 Juni: United mengumumkan bahwa mereka menerima tawaran Madrid sebesar 25 juta pondsterling untuk Beckham.

2004: 24 Juni – Beckham gagal melakukan tendangan penalti saat Inggris adu penalti dengan Portugal di perempat final Piala Eropa 2004. Saat itu, Inggris akhirnya kalah.

2005: November – Beckham menjadi kapten dalam pertandingan ke-50 bersama Inggris saat Tiga Singa melakoni laga persahabatan melawan Argentina di Geneva.

2006: 2 Juli – Beckham meletakkan jabatannya sebagai kapten seusai Inggris tersingkir dari Piala Dunia 2006. Saat itu, Inggris disingkirkan oleh Portugal di babak perempat final.

11 Agustus: Beckham tak dipanggil saat Inggris melakoni laga persahabatan melawan Yunani.

2007: 
11 Januari – Beckham mengumumkan dirinya akan pensiun dan bergabung dengan LA Galaxy pada Agustus.

13 Januari:
 Pelatih Real Madrid, Fabio Capello, menyatakan Beckham takkan bermain lagi dengan Madrid.

26 Mei:
 Pelatih Inggris, Steve McClaren, membuat kejutan dengan memanggil Beckham untuk laga melawan Brasil dan Estonia.

Juni – Beckham kembali bermain dengan Madrid dan El Real berhasil menjurai La Liga.

16 Agustus:  Beckham mencetak gol pertamanya untuk Galaxy dalam debutnya di semifinal SuperLiga melawan DC United.

2008: 26 Maret: Beckham mencatat 100 cap saat melakoni laga persahabatan melawan Perancis.

30 Oktober: AC Milan mengumumkan bahwa Beckham akan bergabung dengan mereka pada 7 Januari 2009.

2009: 9 Maret – AC Milan mengumumkan kesepakatan yang unik dengan Beckham. Pemain asal Inggris tersebut akan bertahan di Italia hingga akhir musim, kemudian kembali ke Galaxy pada bulan Juli sampai Oktober. Setelah itu, Beckham kembali membela Milan sampai akhir musim 2009-2010.

2010: 14 Maret: Beckham mengalami cedera achilles saat Milan mengalahkan Chievo dengan skor 1-0. Akibat cedera tersebut, Beckham gagal tampil di Piala Dunia.

Juni: Meski cedera, Beckham tetap diboyong ke Piala Dunia 2010 sebagai staf pelatih.

11 Agustus: Karier Beckham bersama Inggris sepertinya akan berakhir saat Capello dalam wawancaranya dengan ITV mengatakan, “Mungkin dia sedikit tua.”

2011: 20 November – Beckham berhasil membawa Galaxy juara Piala MLS setelah mengalahkan Houston Dynama 1-0 di final.

31 Desember: Kontrak Beckham bersama Galaxy habis.

2012: 20 November: Beckham mengonfirmasi meninggalkan Galaxy setelah Piala MLS pada 1 Desember.

31 Desember: Beckham mengakhiri kariernya di MLS dengan dua kali juara Piala MLS setelah mengalahkan Houston Dynamo 301.

2013: 31 Januari – Beckham menandatangani kontrak selama lima bulan bersama PSG dan dia menyatakan gajinya akan didonasikan untuk anak-anak Perancis.

24 Februari: Beckham membuat debutnya bersama PSG saat tampil sebagai pemain pengganti melawan Marseille.

2 April: Beckham tampil di Liga Champions saat melakoni leg pertama perempat final melawan Barcelona.

12 Mei: PSG memastikan menjuarai Ligue 1 setelah mengalahkan Lyon 1-0. Beckham menjadi pemain Inggris pertama yang bisa memenangkan gelar di empat negara berbeda.

16 Mei: Beckham memutuskan pensiun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s