Refleksi Hari Kebangkitan Nasional 2013

harkitnasKebangkitan Nasional merupakan suatu peristiwa yang cukup penting dan menentukan arah kemerdekaan bangsa. Pada saat itu, banyak kalangan para pelajar yang terpanggil untuk memerdekakan tanah air tercinta. Dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 oleh Dr. Soetomo, Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Goenawan dan Suryadi Suryadiningrat (Ki Hadjar Dewantara) menandakan perlawanan bangsa Indonesia yang diwakili oleh kaum terpelajar.

Artinya, bahwa kaum terpelajar dahulu dengan sadar merasakan bahwa harus ada perubahan dan kemajuan yang dicapai Indonesia (Hindia Belanda) agar selamanya tidak terpuruk dan dijajah oleh Belanda. Maka dari itu, banyak perkumpulan pemuda-pemuda di seluruh Nusantara bermunculan setelah diawali dengan berdirinya Boedi Oetmo. Antara lain Jong Ambon (1909), Jong Java dan Jong Celebes (1917) Jong Sumatera dan Jong Minahasa (1918). Dan, semuanya berjuang atas nama nasionalisme kebangsaan Indonesia untuk menjadikan Indonesia merdeka yang akhirnya dapat terlaksana 17 Agustus 1945.

Refleksi Kebangkitan Nasional 1908

Berdirinya Boedi Oetomo sebagai lambang dari awal mula perlawanan para pemuda Indonesia terhadap penjajahan Belanda saat itu. Pemuda memainkan peranan penting dalam menggerakkan perlawanan melalui jalur politik setelah sebelumnya rakyat Indonesia melawan dengan cara fisik.

Pemuda pula lah yang telah menggerakkan dan menyadarkan rakyat Indonesia, bahwa perlawanan terhadap penjajahan harus dilakukan secara serentak lewat berbagai jalur perlawanan. Pemuda menyadari, perlawanan secara fisik dan bersifat regional kedaerahan tidak akan masif untuk menghilangkan penjajahan Belanda. Maka dari itu, penghimpunan pemuda di seluruh Indonesia menjadi salah satu cara yang  masif untuk melawan penjajahan Belanda.

Hal ini memang mempunyai dampak yang masif, karena dengan perlawanan secara koorporatif dan dialogis akhirnya mampu menyatukan pemuda Indonesia lewat Sumpah Pemuda. Setelah itu, perjuangan berlanjut dan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan peran para pemuda.

Kalau kita belajar sejarah, hampir semua perubahan yang besar suatu megara dimulai dengan peran serta pemuda. Begitu pula Indonesia, Kebangkitan Indonesia 1908 menjadi suatu titik tolak perjuangan pemuda untuk mengubah Indonesai yang lebih baik. Selain itu, fakta sejarah tidak terbantahkan ketika pemuda Indonesia melakukan Reformasi 1998 dengan menggulingkan kekuasaan Orde Baru yang berlangsung hampir 30 tahun. Pemuda menggiring roda sejarah negara Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baru dari segi apapun.

Melanjutkan Perjuangan Kebangkitan Nasional

Apa yang sepantasnya kita lakukan dengan momen Kebangkitan Nasional? Siapapun itu, baik pemuda maupun orang tua atau bahkan anak kecil, harus kembali merefresh kembali rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme terhadap Indonesia. Setiap manusia Indonesia sudah seharusnya mengingat bagaimana perjuangan para pendahulu untuk memerdekakan bangsa Indonesia.

Bagi para pemuda, belajar dengan giat dan menerapkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan Indonesia dari aspek dunia pendidikan maupun  sains merupakan salah satu langkah besar untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar. Sedangkan para pemimpin negeri ini, sudah sepantasnya mengubah moralnya yang terkenal tidak amanah dan buruk. Menghilangkan praktik KKN, menghilangkan kriminalisme hukum dan kebijkan serta lebih peduli dengan keadaan rakyat miskin di seluruh sudut negara Indonesia adalah suatu hal yang mesti diutamakan.

Indonesia  membutuhkan sosok yang mampu menggerakkan bangsa Indonesia untuk maju dan lebih maju lagi. Indonesia harus mampu bangkit menjadi negara besar dengan karakteristiknya sendiri. Indonesia butuh individu-individu yang mencintai negaranya dengan sepenuh hati. Bersatulah pemuda Indonesia. Jayalah Indonesia, Indonesia Sejahtera. (Foto: www.pustakasekolah.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s