Pilih Blogspot atau WordPress?

 BloggerVsWordpressBanyak orang yang membandingkan antara Blogspot dengan WordPress. Manakah yang lebih baik diantara keduanya? Manakah yang SEO friendly? Dan masih banyak pertanyaan yang mengadu domba keduanya. Selama beberapa hari ini mengutak-atik blog yang berplatform Blogspot, ternyata cukup melelahkan. Bahkan sampai membuat migrain kambuh.

Setelah saya mencoba utak-atik Blogspot ternyata masih belum jadi juga. Akhirnya saya coba searching manakah yang lebih baik antara Blogspot dan WordPress. Dari beberapa sumber yang saya baca, ternyata masing-masing platform tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.  Ketika membaca komentar dari tulisan-tulisan tersebut, ternyata banyak yang memilih Blogspot dengan berbagai alasan. Tetapi bukan berarti pemakai WordPress tidak ada.

Perbedaan diantara keduanya misalkan kasus yang membuat saya pusing adalah ketika bermain dengan Blogspot, kita dibebaskan untuk memilih template baik dari Blogspot sendiri ataupun template yang sudah disediakan secara gratis oleh situs penyedia template. Hal ini menjadikan kita lebih bisa merasakan mau dibuat seperti blog kita. Karena tata letak maupun modifikasi template diperkenankan oleh Blogspot. Tetapi dalam kenyataannya, saya kesulitan dalam menata letak dan mengubah kode html, karena memang tidak paham dengan bahasa html. Menata letak dan menghapus bottom yang tidak perlu ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Saya hampir dibuat gila karena tata letaknya terkadang susah untuk diutak-atik.

Berbeda dengan WordPress, kita tidak bisa mengutak-atik template maupun tata letak desain blog kita kecuali kalau sudah berbayar kemungkinan bisa. Dalam WordPress yang gratis semua sudah terpasang sedemikian rupa sehingga kita tidak bisa utak-atik kode html templatenya. Tetapi kita masih bisa untuk menata letak widget yang akan kita gunakan di blog kita. Tetapi dengan hal ini, saya merasa dimudahkan. Karena tidak usah berpusing ria untuk utak-atik. Sehingga tidak mengganggu dan menghambat dalam menulis.

Dengan pengalaman tesebut bukan berarti saya lebih memilih WordPress daripada Blogspot. Saya memandang ada kelebihan dari keduanya. Sehingga dari pengalaman tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa pemilihan platform blog disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dan disesuaikan dengan kenyamanan kita dalam menggunakan kedua platform tersebut.

Kalau Anda pilih yang mana? Blogspot atau WordPress?

4 thoughts on “Pilih Blogspot atau WordPress?

    1. kanglondo Post author

      ya mas rudi, masing-maisng memang punya kelebihan dan kelemahan, saya sendiri juga punya blogspot walau beberapa baru dalam tahap perbaikan ….

      Reply

Leave a Reply

