Dear KPU Jateng, Maaf Aku Golput ….

KPU JatengDua hari ini, saya mendapat sms dari KPU JATENG. Apakah sahabat juga dapat sms yang sama? Kira-kira begini isinya, “Jangan Lupa !!! Ayo ramai-ramai nyoblos ke TPS, Minggu 26 Mei 2003, Suara anda menentukan masa depan Jawa Tengah.”

Tidak hanya saya saja, ketika belanja di salah satu supermarket di Sukoharjo, tadi siang saya juga menjumpai orang yang mendapat sms serupa dari KPU Jateng. Tak selang berapa lama ternyata saya juga mendapat sms lagi. Ternyata KPU jateng pantang menyerah untuk membujuk orang agar mau mencoblos besok Minggu, 25 Mei 2013.

Program sms ini dicanangkan pihak KPU Jateng untuk meminimalisir angka golput di Jawa Tengah. Dalam pogram pengiriman sms ini, KPU Jateng menggandeng Telkomsel untuk mensukseskan program ini. Hal ini cukup beralasan, karena Telkomsel  merupakan provider yang mempunyai jumlah pengguna yang sangat besar. Dari data yang dilansir lensaindonesia.com, Telkomsel mempunyai pelanggan sebanyak 12 juta orang yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Sebagai orang awam sampai sekarang pun saya tidak tahu visi dan misi dari ketiga calon.  Dulu, ada teman yang mengatakan untuk memilih Ganjar-Heru. Ternyata hal ini senada dengan kata hati saya. Pak Ganjar merupakan sa;ah satu politisi muda dari PDIP yang cukup cerdas. Dari cara bicara serta mengaca dari track record beliau di DPR RI, beliau cukup bersih dan baik. Bahkan ketika mendegar dari teman saya yang melihat debat cagub-cawagub di beberapa stasiun tv secara sekilas, menurut nya Pak Ganjar sangat cekatan menjawab pertanyaan panelis dengan menyampaikan fakta-fakta yang ada di Jawa Tengah. Tetapi ternyata teman saya mengatakan, cawagubnya belum terlalu baik untuk dijadikan pasangan dari Pak Ganjar. Saya sendiri tidak tahu kenapa dia mengatakan hal tersebut. Ya, saya anggap benar saja lah karena teman saya ternyata satu daerah dengan Pak Heru. Mungkin dia lebih tahu kondisi di sana.

Kemudian saya beralih ke pasangan incumbent Bibit-Sudijono. Saya pilih dan pilah dari  psangan ini. Tentu kita mengenal sosok Pak Bibit sebagai incumbent. Sehingga tidak perlu saya menjelaskan bagaimana profil beliau karena saya rasa masyarakat Jawa Tengah sudah mersakan sentuhan beliau dalam membangun Jawa Tengah. Nah yang menjadi perhatian adalah sosok Pak Sudijono. Pak Sudijono merupakan rektor UNNES. UNNES merupakan almamater saya. Bahkan diijazah saya terlihat jelas, tanda tangan Pak Sudijono mengesahkan ijazah S1 saya.

Artinya, saya sedikit banyak mengetahui bagaimana Pak Sudijono mampu mengembangkan UNNES menjadi Universitas Konservasi yang begitu terdengar hingar bingar di seluruh Semarang atau bahkan se-Indonesia. Bahkan dulu saya sempat menagatakan bahwa Pak Sudijono merupakan Bapak Pembangunan di UNNES. Banyak sekali perombakan dan pembangunan yang telah ia canangkan untuk menjadikan UNNES menjadi universitas yang SUTERA (Sehat, Unggul dan Sejahtera). Tetapi, hati saya masih belum mantap untuk memilih pasangan ini. Entahlah, hati saya masih belum yakin maka dari itu saya urungkan niat itu untuk memilih pasangan ini.

Beralih ke pasangan HP-DON yang didukung beberapa partai menengah. Saya sendiri, tidak terlalu mengenal sosok pasangan ini. Hanya yang saya tahu, pak Hadi merupakan setda Jawa Tengah dan ketua Dewan Penasehat PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia), sedangkan pak Don Murdono merupakan bupati Sumedang. Hanya itu saja yang saya tahu, tak lebih.

Dan, saya harus jujur, selama ini Facebook saya isinya kebanyakan kampanye dari kader-kader pendukung HP-DON. Tak banyak yang disampaikan di Facebook kecuali untuk meminta mencoblos pasangan no 1. Tetapi tidak memberikan kerterangan visi dan misi dari pasangan. Lha mau tak pilih bagaimana kok visi dan misi tidak disampaikan. Hanya kampanye pilih HP-DON pasangan no 1. Ya, jadinya malas juga mau nyoblos pasangan ini.

Mungkin saja saya yang tidak aktif mencari tahu visi dan misi ketiga pasangan calon cagub dan cawagub. Maka dari itu, daripada salah pilih mending saya golput saja. Kalau mau dikatakan golput itu salah ya monggo. Saya anteng-anteng saja. Terserah lah, saya ngikut saja yang menang. Siapapun yang jadi saya dukung untuk memajukan Jawa Tengah.

Dear KPU Jateng, Maaf Saya Golput ….

Leave a Reply

