Punya Blog Banyak? Siapa Takut!

Keinginan untuk ngeblog memang sudah beberapa tahun lalu tetapi akhirnya blog yang saya buat berguguran. Hal tersebut karena tidak konsisten untuk mengisi postingan secara rutin. Dulu ketika masih belajar ngeblog (yang sudah berguguran), saya memakai Blogspot sebagai bog domainnya. Tetapi karena lebih rumit akhirnya saya pindah ke WordPress pada akhir Desember 2012 dengan membuat blog Kang Londo ini.

Awalnya saya menulis blog ini hanya sekedar menuliskan apa yang saya lakukan maupun apa yang saya temui dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi ternyata menulis blog tidak lebih dari itu saja. Ternyata saya menyadari menulis blog bisa digunakan untuk mencari uang (walaupun langkah ini belum saya lakukan). Saya menyadari menulis blog merupakan suatu tempat untuk menuliskan apa yang kita suka dengan lebih spesifik. Atau bahasanya temen-temen blogger, menulis blog dengan niche tertentu berdasarkan hobi, kebutuhan atau bahkan untuk mencari uang tambahan.

Maka dari itu saya memutuskan untuk membuat blog lagi seperti apa yang saya ungkapkan dalam Maafkan Diriku Sayang Aku Harus Poligami dalam blog ini.  Tetapi kali ini saya mencoba memilih Blogspot sebagai domainnya. Saya mencoba memahami lebih dalam mengenai Blogspot ternyata cukup menarik untuk dipelajari. Dan, alhamdulillah akhirnya sudah jadi, walaupun masih banyak perbaikan baik dari segi konten maupun tampilan.

Yang pertama adalah Kilas Kesehatan, yang berisi tentang artikel kesehatan, manfaat buah dan sayur dan tips kesehatan yang semoga bermanfaat bagi pembacanya. Yang kedua adalah Hattrick Magazine, yang berisi tentang berita terbaru sepak bola, prediksi sepak bola, dan jadwal siaran langsung sepak bola per minggunya. Blog ini juga masih perlu perbaikan baik dari konten maupun tampilan tetapi saya pun berusaha untuk memperbaiki tahap demi tahap agar lebih bermanfaat. Kalau Anda tertarik untuk menjadi penulis tamu di kedua blog saya tersebut, saya pun sangat terbuka dan berterima kasih kepada Anda. Semoga saja bisa menjadi ajang silaturahmi antar blogger bagi saya dan Anda.

Ternyata setelah membuat  dua blog tersebut, ada hal yang membuatku terasa berat. Ya, saya harus mengupdate semua blog. Dan, saya berpikir kok bisa ya ada sebagian blogger yang mempunyai blog lebih dari satu. Bagaimana cara mengatur update blog nya? Pasti kerjaannya di depan internet terus nih si blogger.

Ternyata memang hal tersebut ada. Bahkan kata mas Ari Tunsa, ada satu orang mempunyai 600 blog aktif. Terheran pasti lah diriku. Hampir tidak percaya dengan hal tersebut, tetapi memang itu bisa saja kita lakukan. Bagaimana cara update postingannya? Ternyata kuncinya adalah bagaimana kita mengatur  dan menjadwal update posting blog kita. Selain itu, memprioritaskan blog bisa jadi salah satu kunci untuk tetap aktif dan update semua blog.

So, menurut saya, punya blog banyak, siapa takut! Maju terus untuk ngeblog dan berbagi. Maju terus Blogger Indonesia. Bagaimana dengan Anda?

2 thoughts on “Punya Blog Banyak? Siapa Takut!

  1. aritunsa

    salam kenal kembali mas😀

    Ternyata yng saya mksud punya 600 blog itu salah, yang bener punya 900 blog aktif😯:mrgreen: So? mau bikin blog lagi kah? hehe

    Kalo pertama sih lebih baik maksimalkan konten dulu, sambil belajar untuk menjadi sempurna😀 saya juga lg belajar biar bisa punya blog banyak dan aktif.

    salam

    Reply

Leave a Reply

