Cara Mengobati Sariawan

sariawanPernahkah Anda mengalami sariawan? Saya kira hampir semua orang pasti sudah mengalami sariawan. Penyakit ini memang hanya penyakit yang ringan tidak terlalu memberikan efek berbaaya bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi penyakit ini sungguh menyiksa bagi tubuh. Betapa tidak, ketika mengalami sariawan, gairah makan menghilang, terkadang badan sedikit panas ada pula yang merasakan pusing dan tentunya membuat malas untuk melakukan aktivitas karena kondisi tubuh yang tidak menentu.

Saya termasuk orang yang sangat sering terserang sariawan. Beberapa kali saya mencatat, hampir setiap bulan saya bisa sariawan. Tak hanya itu, sariawan yang datang tidak hanya satu saja terkadang bisa dua atau tiga sekaligus datang dalam waktu bersamaan. Sungguh menyiksa bukan?

Kata orang-orang, penyebab sariawan dikarenakan kondisi kesehatan mulut yang buruk, kurang vitamin C, karena tidak senagaja tergigit oleh gigi, ada pula yang mengatakan karena terlalu banyak pikiran atau stres. Entahlah mana yang benar, karena secara medis pun belum bisa menentukan secara pasti penyebab utama adanya sariawan. Yang jelas, dari semua penyebab yang saya sebutkan di atas memang pernah juga saya alami.

Untuk penyembuhan pun bermacam-macam. Bisa melalui pengobatan alamai ataupun obat yang direkomendasikan dokter ataupun apoteker. Kalau di apotek biasanya disarankan untuk menggunakan abotil. Saya sendiri belum pernah mencobanya. Ada yang menggunakannnya dengan cara dikumur ada pula yang meneteskan/mengoleskan abotil pada luka (sariawan). Dan, katanya lumayan manjur untuk mengobati sariawan, ya katanya rasanya sangat periiihhh. Tapi bagi yang belum mencoba, silahkan saja Anda coba untuk mengobati sariawan Anda.

 Kalau pakai pengobatan alami, menurut berbagai sumber yang saya searching di om google, ada banyak varian tanaman ataupun bahan-bahan lain untuk mengobati dan memperlambat proses melebarnya “kawah” sariawan.  Cobalah berkumur dengan jus tomat, kumur dengan kulit batang jambu air yang masih muda, kumur dengan air kelapa, kumur dengan air garam atau bisa juga minum yoghurt. Kalau dengan cara pengolesan/penempelan, Anda bisa mengoleskan kopi bubuk, bawang, atau pepaya pada luka sariawan Anda. Saya sendiri sudah membuktikan dengan mengoleskan bawang ke luka sariawan, dan kalau menurut saya, perkembangan sariawan dan rasa sakit (menganggu) pada sariawan sedikit berkurang. Tetapi jangan lupa, rasa perih akan sangat terasa pada saat pengolesan/penempelan komponen tersebut.

Kalau saat ini Anda sariawan, Anda bisa mencoba beberapa cara tersebut untuk mengurangi ataupun mengobati sariawan yang sedang menyerang. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

5 thoughts on “Cara Mengobati Sariawan

Leave a Reply

