Alun-Alun Sragen

Alhamdulillah bisa update blog lagi setelah libur lebaran sama sekali tidak menyentuh kompi kantor. Maklum, karena hanya lewat kompi kantor saya bisa update blog, pasalnya kalau lewat koneksi modem menggunakan si lepi (laptop) malah makan ati. Koneksi jaringan 3 di desa saya (rumah orang tua) tidak ada kalaupun ada untuk mbuka mbah google saja bisa 15 menit …. maklum rumah saya di desa jadi jaringan 3 agak susah. Beda kalau saya pas berada di rumah yang terletak di tengah kota Sukoharjo, koneksi 3 masih agak mendingan untuk mengakses sana-sini walaupun tidak secepat harapan saya.

Banyak hal yang saya alami selama masa liburan lebaran ini. Tahun ini memang sedikit berbeda dengan lebaran dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tahun ini saya sudah ditemani seorang istri dalam menjalani ibadah puasa Ramadhan 1434 H. Ini merupakan Ramadan dan Lebaran pertama bagi kami berdua setelah menikah karena memang belum genap setahun usia pernikahan kami.

Seharusnya, dalam jadwal lebaran kali ini saya wajib mudik bersama istri ke rumah mertua di Jepara. Ternyata hal tersebut tidak bisa kami lakukan karena istri saya sedang hamil muda. Karena usia kandungan yang masih muda, kami tidak berani mengambil resiko sehingga kami memutuskan untuk berlebaran di Sukoharjo. Alhamdulillah, mertua saya memahami hal tersebut dan insyaallah malah akan berkunjung ke Sukoharjo tanggal 17 Agustus 2013 nanti.

Seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya, berkunjung ke rumah sanak saudara dan tetangga menjadi ritual rutin yang saya lakukan. Tak lupa kami sekeluarga juga wajib berkunjung ke rumah mbah (nenek) yang ada di Sragen. Biasanya ketika berkunjung ke Sragen sekitar 2 hari tetapi untuk tahun ini hanya bisa berkunjung sehari karena harus segera mengurus perpanjangan SIM. Tak banyak yang bisa saya lakukan di sini, biasanya hanya jalan-jalan di sekitar kota Sragen terutama di alun-alun.

Alun-alun Sragen tergolong sangat kecil dibandingkan dengan alun-alun Sukoharjo. Alun-alun Sragen terletak di depan kantor dinas Bupati Sragen. Ketika saya membandingkan dengan alun-alun Sukoharjo, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Ketika sore hari, kalau di alun-alun Sragen lebih banyak didominasi oleh orang yang menyediakan permainan untuk anak-anak dan beberapa penjual pakaian. Kalau di alun-alun Sukoharjo, lebih banyak didominasi oleh penjual makanan yang berderet hampir sepanjang lingkar alun-alun. Di Sragen penjual makanan sudah disediakan ruko-ruko tersendiri yang terdapat di samping alun-alun bukan di lingkar alun-alun. Selain itu, ada hal yang membuat saya heran, di alun-alun Sragen sangat banyak dijumpai penjual burger, bahkan kalau saya hitung mungkin lebih dari 5 penjual. Dan, saya mencari penjual bakso bakar ternyata di alun-alun Sragen hanya terdapat dua orang penjual bakso bakar itupun dalam 1 motor. Kalau di Sukoharjo sangat mudah untuk menemukan penjual bakso bakar. Tetapi rasa bakso bakar di alun-alun Sragen memang tidak kalah enak, bahkan mungkin cukup enak dibandingkan dengan rata-rata bakso bakar di Sukoharjo.

100_29392705shy-HUT-Sragen-1

Semoga bisa menjadi informasi kalau Anda kebetulan melewati Kabupaten Sragen dan mampir di alun-alunnya.

4 thoughts on “Alun-Alun Sragen

  1. Nton Antron

    salam kenal, kang..

    Saya baru sekali ke alun-alun sragen tapi cuma lewat dan nggak sempat nongkrong. Memang kecil sih lokasinya, malah agak nggak **maaf** cocok disebut sebagai alun-alun kota.
    Kalau di Karanganyar, alun-alunnya malah nggak begitu ramai, kang.. yg ramai justru Taman Pancasila, itupun ramainya gara-gara banyak yg jualan. Hehe..

    Reply
    1. kanglondo Post author

      Salam kenal juga mas Nton Antron, ya mas emang bener, alun-alun Sragen ‘terlalu” kecil kalau disebut alun-alun … kalau alun-alun Karanganyar ngga begitu ramai mungkin letaknya yang agak ke dalam, sehingga orang yang lewat pun bingung mau cari alun-alunnya. Kalau alun-alun Sukoharjo lumyana ramai mas, tapi ramainya ya orang berjualan tp pengunjungnya juga ga kalah ramai kok …

      Reply

Leave a Reply

