Are You Corporate Slaves?

Corporate_slaveMungkin  bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan, kata “corporate slaves” sudah tidak asing lagi bagi Anda. Jujur saja, saya baru menemukan kata ini ketika membuka laman web tentang motivasi. Kebetulan saya ingin mencari artikel-artikel yang berkaitan dengan bisnis dan karir. Corporate slaves sangat asing bagi saya walaupun saya sendiri berprofesi sebagai karyawan/pegawai. Tetapi dari sekilas membaca kata “corporate slaves” terlintas makna negatif dalam alam pikir saya. Dan dari situlah saya menyadari, bahwa apa yang saya interpretasikan dalam pikiran saya mengenai arti kata tersebut ternyata selama ini memang saya alami juga.

Corporate Slaves dapat kita artikan secara umum dengan “budak perusahaan”. Dari pengertian tersebut tentu objek kata tersebut adalah orang-orang yang berprofesi sebagai karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Sebagai pegawai kantor atau karyawan perusahaan tentu mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Tanggung jawab ini pula yang menjadi rutinitas kerja dan menyita waktu kita sehingga jam kantor yang rata-rata 8 jam terasa kurang untuk mengerjakan tugas perusahaan. Tak pelak, lembur sampai malam atau masuk di hari Sabtu menjadi kewajiban untuk mengejar target pekerjaan. Itulah mengapa karyawan perusahaan diidentikkan dengan “corporate slaves”.

Selama ini proses berpikir kita “teracuni” dengan bekerja di sebuah instansi untuk menjadi pegawai kantor merupakan pekerjaan yang bergengsi. Dan, mungkin ada yang mengatakan yang terbaik. Tetapi persepsi tersebut tidak selamanya benar. Mengapa? Tidak sedikit orang yang  mengalami bahwa kehidupan menjadi seorang peagawai kantor merupakan kesalahan terbesar dalam hidupnya. Karena ternyata untuk mencari nafkah tidak harus menjadi suatu karyawan tetapi masih banyak jalan untuk mencari nafkah dengan terbebas dari ikatan keterbatasan menjadi karyawan. Sehingga banyak dari orang tersebut yang akhirnya melepas status pegawai menjadi wirausaha maupun freelancer.

Memang tidak kita pungkiri, bekerja di dalam suatu perusahaan merupakan pekerjaan yang paling “aman”. Hal ini dikarenakan, setiap bulan  kita sudah pasti digaji dengan standar yang ada, belum lagi kalau ada promosi jabatan struktural yang datang kepada Anda pasti akan menyenangkan menjadi suatu pegawai kantor. Selain gaji, kita masih tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi atau mobil dinas, rumah dinas dan sebagainya. Intinya, apa yang telah kita berikan kepada perusahaan akan mendapat gaji maupun tunjangan atas kerja keras kita untuk memajukan perusahaan. Totalitas Anda dalam perusahaan akan menentukan besaran gaji dan tunjangan bagi Anda. Artinya, menjadi pegawai merupakan perjalanan dan kegiatan “menjual” waktu kita kepada perusahaan untuk mendapatkan gaji sebagai bentuk konsekuensi atas jasa Anda.

Pertanyaannya adalah apakah proses “menjual” waktu Anda tersebut sebanding dengan apa yang Anda dapatkan? Apakah proses “menjual” waktu Anda merupakan bentuk pengorbanan waktu-waktu yang terbaik bagi hidup Anda? Bagaimanakah dengan waktu-waktu yang lain, seperti waktu dengan keluarga, waktu dengan lingkungan sekitar, waktu dengan Tuhan?

Pertanyaan tersebut hanya Anda yang bisa menjawab. Karena semua orang mempunyai pandangan yang berbeda mengenai hal ini. Karena menjadi pengusaha ataupun freelancer pun tidak semudah yang dibayangkan dan dibicarakan oleh orang. Semua mempunyai sisi dan sudut pandang tersendiri. Permasalahannya adalah bagaimana setiap orang mempunyai totalitas dalam setiap aktivitasnya terkhusus dalam hal ini adalah pilihan dalam mencari nafkah/bekerja sehingga ia mendapatkan hasil dari totalitasnya tersebut dengan sepadan. Oeh karena itu “to be a corporate slave or not … its your choice!

Siapkah Anda untuk mempertanyakan hal ini kepada Anda?

2 thoughts on “Are You Corporate Slaves?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s