ATM BRI Minta PIN Diganti secara Berkala, Sungguh Merepotkan!

briHidup di jaman modern sekarang, semua aktivitas hidup harus berjalan cepat, efektif dan efisien. Begitu pula dengan kehidupan yang berkaitan dengan urusan uang. Hampir semua orang sudah mempercayakan uang mereka kepada pihak bank untuk mengurusi penyimpanan, transfer, atau bahkan pengambilan sewaktu-waktu maupun berjangka.

Untuk itulah, bank memberikan fasilitas ATM. ATM mempunyai kepanjangan Automatic Teller Machine (dalam Bahasa Inggris), atau Anjungan Tunai Mandiri (dalam Bahasa Indonesia). ATM sendiri mempunyai pengertian alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Untuk itu setiap ATM pasti mempunyai nomor PIN yang telah kita pilih. PIN yang kita pilih ini bersifat rahasia dan pengamanan. Karena PIN hanya diketahui oleh si pemilik ATM itu sendiri atau orang lain yang memang kita beritahu. Misalkan istri/suami atau orang lain yang kita percaya.

Tetapi menggunakan ATM juga tidak selalu menjadikan semua aktivitas kita lancar. Mengapa? Karena kalau si mesin ATM sedang ngadat ya kita yang susah sendiri padahal mau ambil uang untuk kepentingan mendadak. Susahnya lagi kalau ada kebijakan dari pihak bank yang kita tidak tahu sehingga ATM tidak bisa digunakan.

Hal ini saya alami beberapa hari kemarin, ATM BRI saya tiba-tiba “meminta” saya untuk mengganti PIN secara berkala. Ketika saya masukan ATM ke mesinnya, kartu ATMnya “minta” diganti PINnya. Ya pastinya saya ganti karena diminta untuk diganti. Saya positive thinking aja, ini untuk keamanan uang saya. Tetapi ketika saya ganti PIN ternyata tidak kunjung bisa digunakan. Bahkan saya diminta untuk menuliskan PIN baru 3 kali. Tetapi hasilnya sama saja, tidak bisa digunakan. Wah, kalau seperti ini saya repot lagi. Sudah uangnya tidak bisa diambil lewat ATM, saya juga harus ke bank untuk menanyakan masalah ini.

Pertanyaannya adalah, apabila kita diminta untuk ganti PIN secara berkala dan prosesnya seperti ini, ya kita terpaksa ke pihak bank terus untuk mengganti PINnya. Padahal ketika di ATM sudah 3 kali penggantian tetapi juga tidak bisa digunakan. Selain itu, kalau kita harus mengganti secara berkala, kita juga susah untuk megingatnya, bayangkan saja, misalnya setiap satu bulan atau tiga bulan harus ganti, setahun kita bisa ganti berapa kali itu? Ya pastinya ini malah merepotkan, walaupun saya sendiri juga menyadari ini langkah pengamanan dari pihak bank agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Entahlah. Yang jelas saat ini saya harus segera ke pihak bank untuk mengurus masalah ini agar terselesaikan. Bagi panjenengan yang menemukan masalah yang sama dengan saya, silahkan di share pengalamannya. Terima kasih.

Foto: anggienm.blogspot.com

34 thoughts on “ATM BRI Minta PIN Diganti secara Berkala, Sungguh Merepotkan!

  1. lukman

    emang betul sekai, aturan gampang kita menggunakan ATM malah jadi susah. saya dah tiga kali pengalaman, kata si ATM harus ganti PIN malah ga palid akhirnya diblokirlah atm itu. Jadi harus ngurus lagi ke bang BRInya…

    Reply
  2. hendra irawan

    bener tuh,sy sdh berulang kali,mngalami hal sprti itu,untk yg pertama dan ke 2,wktu ganti pin lancar” z,mksd nya pin yg baru bisa di gunakan,tapi yg ke 3 kali nya ga bisa di gunakan,jadi nya males z mau ngurusin nya kmbali ke bank,untuk smntara ini sy ngambil uang pke buku tbngan sy z,apakah hal ini bisa terjadi /sering terjadi dngan atm” selain bank BRI??

    Reply
  3. syamsul hidayat

    KENAPA PIN MINTA GANTI MULU EMANG KITA CUMA BISA NGENGET PIN ATM TERUS TIAP HARI SANGAT MEREPOTKAN ATM BRI

    Reply
  4. Ashadi

    Betul sekali, hal ini sangat merepotkan mengingat setiap ganti pin harus menggunakan pin yang baru, tida bisa menggunakan pin sudah pernah digunakan sebelumnya.
    Dan ini tidak hanya berlaku untuk ATM saja, tetapi juga untuk Internet Banking nya, sampai2 saya sudah bisa mengakses internet banking saya karena sudah lupa dengan pin yang saya gunakan.

    Reply
  5. echa

    bener banget bro,,harus gonta ganti PIN sementara seusai diganti masih az gak bs sampai ATM diblokir sebab 3x berturut masukkan PIN meski sudah diganti. huh..kenapa mesti begitu ya?!

    Reply
  6. ganesha sgp

    Wah parah klo slalu ganti pin bisa-bisa lupa n harus ke bankx dan bayar 5000 buat buka blokir .

    5000 X 20orang tiap hari.

    Klo 1 bulan bank dapat pemasukan 3.000.000 rupiah .

    Reply
  7. betmen

    Makanya.. Kalo transaksi dibaca dulu.. Jgn tau pencet2 aja.. Kalo mau ganti pin itu biasanya pin lama dulu di inputkan sekali.. Baru pin baru di inputkan 2x.. Be a smart person bro..

    Reply
  8. ramadha

    EAku sedang mengalaminya nie sekarang, ATM BRI minta ganti pin, setelah diganti malah gagal. Tidak bisa ambil uang padahal sudah tidak ada uang sama sekali di dompet!!! Perut bener2 sangat kelaparan ga bisa makan, teman jauh pula, sekaang hari sabtu ga bisa tanya bank, harus nungu hari senin. Ini juga bukan ATM, tapi ATM mama yg dikasih ke aku, bener2 sendiri di bali, mama di surabaya, tolong ya Allah, aku sangat kelaparan ga bisa ambil uang!

    Reply
  9. aavi

    Ini terjadi jg ke ibuku, pas hari minggu dan lg butuh uang bgt. Buang jauh2 pikiran pakai atm bri bisa bikin transaksi & saving lebih mudah, yg ada cm bikin rempong, waswas dan bikin pahala puasa berkurang >,<

    Reply
  10. yasuyassyash

    iya setuju, padahal atm bank lain tidak melakukan hal seperti itu, yang ada malah menyusahkan, terlebih kalau butuh ngurus ke banknya, padahal banknya saja penuh terus, ditambah ada bjps bayar di bri, semakin tambah penuh, kalau kaya gt orang jadi malas kan,apalagi kalau butuh cepat makin emosi -.- bisa jadi makin lama orang ga ada yg mau pake bri lg, -.-

    Reply
  11. tonny

    yang jelaaaaaas, saya butuhkan layanan AMAN, NYAMAN, TEPAT, CEPAT, SINGKAT !!! tapi kalau layanan ATM BRI seperti ini….., saya tidak tertarik dan MALAS besar. emangnya Bank cuma BRI aja………….?

    Reply
  12. Andi Aspar

    kalo ganti pin nomor pertama dan kedua harus beda dari pin lama contoh
    pin lama;112345
    pin baru:128897 ini salah karna nomor pertamanya sama. ini akan diminta ulang karna meskipun huruf ketiga dan ke empat suda di ubah tapi jika nomor satu atau dua ada yang sama dengan pin lama maka itu dinyatakan salah.
    cara yang benar:
    pin lama 112345
    pin baru:228854 ini baru bener

    Reply
  13. Itok jogja

    Barusan saya mengalami hal yang sama bro…kalo harus ribet kayak gini mending transaksi secara manual ajalah pake buku tabungan..tapi ya harus ngantri panjang dech…haduh sabar ajalah

    Reply
  14. Oza

    Saya jg mls kl ganti2 pin molo… mending cancel dah… drpada ribed ntar… nyari atm yg ga minta ganti aj deh…

    Reply
  15. Iksan lubis

    Kalau sya msalahnya kalau mau transfer uang selalu di minta untuk ganti pin baru. Terus sya sdh coba ganti pin dan pinnya berhasil terganti cuman masalhnya tetap aj ga bisa transfer dan selalunya minta ubah pin, pdahal sudah…tpi klau tarik dana bisa…mohon solusinya gan..!!

    Reply
  16. tri

    atm saya baru keblokir sebulan yg lalu,, kemarin keblokir lagi karena harus ubah pin, perasaan aq udah bener masukin pin baru,, eeh salah ,malah melampui batas,, yah keblokir lagi,, ribet banget,, jadi bete banget,, bener bener bete,,BRI tolonglah beri kami kemudahan, kelancaran, kenyamanan, agar kami jadi nasabah yang setia.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s