Membelah Gunung Lawu, Singgah di Sarangan

Traveling memang suatu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dalam 1 minggu  ini ada dua kota yang sudah saya kunjungi yaitu Magetan dan Serang.  Dalam kunjungan dua kota ini memang ada alasan tersendiri mengapa saya melakukan traveling tersebut.

Magetan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Seperti yang kita ketahui kedua kabupaten ini merupakan kabupaten yang dipisahkan oleh Gunung Lawu. Sehingga perjalanan menuju Magetan sungguh luar biasa dengan pemandangan Gunung Lawu yang sangat mempesona.

Berangkat dari rumah sekitar jam 07.00 WiB, saya bersama adik melaju dengan Supra X 125 warna perak membelah Gunung Lawu. Perjalanan yang kami lakukan berkisar sekitar 2 jam sampai di kota Kabupaten Magetan. Yang menjadi menarik dalam perjalanan ini tentu adalah pemandangan pegunungan yang sangat indah. Belum lagi ada daya tarik wisata yang sudah sangat kita kenal. Di Karanganyar kita bisa menjumpai Grojogan Sewu, sedangkan di Magetan kita sudah mengenal Telaga Sarangan.

Dalam perjalanan ke sana, saya menyempatkan untuk berhenti sejenak di perbatasan provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabupaten Karanganyar dan provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kabupaten Magetan. Tak seperti yang saya bayangkan, ternyata di tempat ini begitu ramai dikunjungi oleh orang. Selain itu, juga banyak terdapat tempat peristirahatan/persinggahan yang dapat kita coba untuk menikmati indahnya suasana pegunungan di Gunung Lawu ini. Tak hanya itu, Anda juga akan melewati Cemoro Sewu yang tidak jauh dari tempat perbatasan tersebut. Dan tempat ini juga tidak kalah ramai dengan perbatasan kedua provinsi/kabupaten.

Berikut ini fotonya.

100_3320

Dalam traveling kali ini yang  menjadi fokus perjalanan saya sebenarnya adalah survei suatu lokasi di Kabupaten Magetan. Akan tetapi tetap saja daya tarik Telaga Sarangan yang selama ini saya dengar juga menjadi tempat yang ingin saya kunjungi. Berbeda dengan Grojogan Sewu yang pernah saya kunjungi, Telaga Sarangan memang belum pernah saya kunjungi. Sehingga dalam traveling kali ini saya sempatkan untuk masuk ke Telaga Sarangan. Dan pada akhirnya saya mengajak adik saya untuk berkunjung ke Telaga Sarangan setelah menyelesaikan survei yang telah kami lakukan.

Masuk ke wilayah Telaga Sarangan, Anda akan ditarik tiket sebesar 10 ribu rupiah per orang dengan beberapa rincian, seperti tiket masuk, parkir dan satunya  lupa yang jelas total 10 ribu per orang. Ketika masuk ke wilayah Telaga Sarangan, ternyata keadaannya berbeda dengan apa yang saya lihat dan bayangkan ketika melihat foto di internet.

Ketika melihat di internet pemandangan begitu sejuk dan debit air yang sangat banyak sehingga terlihat sangat indah. Setelah saya bandingkan, mungkin saya datang tidak tepat pada waktunya, karena saya datang sekitar jam 12 siang dan saat ini merupakan musim transisi dari kemarau ke hujan, sehingga debit air tidak lah begitu banyak dan karena datangnya siang, hawa sejuk dan dingin sudah menguap terkena panas matahari. Tetapi tetap saja, Telaga Sarangan menjadi daya tarik tersendiri bagi semua keluarga. Terbukti ketika saya datang ke sana. Banyak sekali keluarga-keluarga yang datang ke sana memanfaatkan liburan di hari minggu saat itu.

100_3310

Untuk Anda yang kebetulan melewati perjalanan Karanganyar – Magetan atau sebaliknya saya sarankan untuk “mampir” ke Telaga Sarangan di Magetan. Karena selain tempatnya cukup indah dan sejuk, Telaga Sarangan juga sangat strategis karena terletak di tepi jalan utama kedua kabupaten tersebut. Sehingga Anda tidak memerlukan cost yang terlalu banyak untuk transportasinya.

Leave a Reply

