Mengurus Akte Lahir

Alhamdulillah, Sabtu,tanggal 22 bulan 2 tahun 2014, jam 2 lebih 22 menit kemarin, saya dan istri dipercaya oleh Allah untuk merawat dan membesarkan bayi laki-laki mungil yang lahir dengan normal saat itu. Rasa bahagia menyelimuti kami, karena ini adalah amanah yang terbesar yang diberikan oleh Allah untuk menjaga dan mendidiknya agar menjadi anak yang sholih.

Jauh sebelum kelahiran, kami berdua sudah mempersiapkan nama untuk sang bayi. Setelah dikonsultasikan kepada orang tua dan mertua akhirnya kami sepakat untuk memberikan nama “Muhammad Al Fatih Yudhistira”.  Nama ini terilhami oleh dua sosok yaitu Muhammad Al Fatih sebagai salah satu panglima perang  terbaik yang dimiliki oleh umat Islam yang membebaskan kota Konstantinopel (Istanbul) yang kedatangannya telah dijanjikan oleh Rasulullah. Nama yang kedua adalah Yudhistira, selain dilatarbelakangi pengambilan nama belakang saya (ayahnya), nama ini juga terinspirasi dengan sosok Yudhistira dalam kisah pewayangan Mahabarata. Sosoknya yang santun, sabar, bijaksana dan selalu memilih menyelesaikan masalah dengan diskusi ataupun dialog terlebih dahulu daripada kekerasan walaupun sebenarnya dia sangat kuat dan mempunyai banyak senjata rahasia.

Beberap waktu lalu, saya mencarikan akte kelahiran si Fatih tetapi tidak saya lakukan sendiri karena cukup memakan waktu. Sehingga saya meminta tolong kepada salah satu pamong desa tempat domisili kami untuk mengurusnya. Biaya yang kami keluarkan sekitar 100 ribu, walaupun sebenarnya kalau mengurus sendiri gratis karena kabupaten kami mempunyai program pelayanan gratis mengurus akte, tetapi setelah saya hitung-hitung juga,  kalau saya urus sendiri ternyata uang yang saya pakai wira-wiri dan beberapa keperluan lain habisnya juga tak jauh dari angka itu, oleh karena itu, pilihan untuk diuruskan salah satu pamong desa merupakan pilihan yang realsistis. Dan ternyata memang di tempat saya banyak warga yang melakukan hal serupa. Jadi, ini bukan masalah percaloan kepengurusan akte tetapi lebih karena menghargai jasa pamong desa yang mau untuk membantu menguruskan akte kelahhiran anak saya.

Ada beberapa hal yang menjadi syarat pembuatan akte, yaitu:

  1. Fotocopy KTP orang tua.
  2. Fotocopy surat nikah (kalau nikahnya di luar domisili, di tempat saya harus melampirkan surat nikah aslinya).
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan aslinya karena nanti ada pembaruan KK dengan memasukkan nama anak.
  4. Surat pengantar dari Bidan/Dokter/instansi terkait tempat anak dilahirkan.

Empat syarat tersebut sebenarnya masih kurang, karena masih ada beberapa syarat lain yang tidak saya sebutkan (berdasarkan formulir resmi yang dikeluarkan kabupaten saya, kita masih harus menyediakan saksi kelahiran anak untuk tanda tangan di Dispendukcapil, terus kalau kepengurusan diwakilkan harus membuat surat kuasa yang bermeterai). Tetapi karena kepengurusan ini diwakilkan oleh pamong desa, jadi syarat yang lain dapat dipenuhi sendiri oleh pamong desa tersebut. Sehingga dengan empat syarat tersebut, lengkap sudah semua berkas untuk pembuatan akte kelahiran anak saya.

Semoga membantu rekan-rekan yang saat ini sedang atau akan mengurus akte kelahiran anak tercinta.

4 thoughts on “Mengurus Akte Lahir

  1. Arie Kurniawan

    Sekali lagi selamat, KangLondo. Berkah Allah SWT semoga selalu tercurah untuk Anda, putra Anda, istri Anda, dan kelaurga besar Anda.

    Btw, nama yang keren..!

    Oya, template blognya juga lebih keren yg ini kayaknya.🙂

    Reply
  2. anak tetangga

    ane umur 19 ini baru ngurus akte om…
    klo udah gede susahnya minta ampun. apalagi orang tua ane yang latar pendidikan rendah jadi urus sendiri..
    sekarang masih timbul masalah katena nama ayah di kk, ijazah saya, sama surat nikah gak sama…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s