Tips Menghilangkan Kejenuhan

Posted on Updated on

Tiga tahun sudah menjalani profesi sesuai dengan disiplin ilmu selama kuliah yaitu sebagai guru kimia. Banyak hal yang didapat baik rasa suka maupun duka. Semuanya menjadi pelajaran yang berharga untuk selalu mensyukuri apa yang telah diberikan oleh sang Maha Kuasa.

Dalam menjalani rutinitas sebagai guru itulah, terkadang pula rasa jenuh menghampiri. Dan saya yakin, hal ini akan berlaku sama terhadap profesi apapun. Kejenuhan saya bukan soal jenuh dalam mengajar. Bukan soal jenuh memberikan ilmu di depan kelas. Bukan soal menghadapi siswa yang beraneka ragam karakter dan perilaku. Namun kejenuhan yang terasa adalah pelaksanaan tugas-tugas tambahan yang terkadang menyita lebih banyak waktu daripada tugas utama untuk mengajar dan mendidik.

Ketika menghadapi kejenuhan, ada beberapa hal yang biasa saya lakukan dan barangkali bisa juga Anda bisa ikut menerapkan dalam menghadapi kejenuhan Anda.

1. Ajak keluarga liburan

Liburan tidak berarti kita harus pergi jauh ke tempat wisata. Liburan di sini, saya maksudkan nikmati kebersamaan bersama keluarga, terutama anak dan istri. Ini saya lakukan, karena keluarga lah energi terbesar saya dalam menjalani rutinitas kerja. Karena apa yang kita lakukan semua untuk keluarga. Bagi saya, kebersamaan bersama keluarga merupakan cara yang efektif untuk melepaskan kejenuhan.

Jpeg
Jpeg

2. Belajar hal-hal kecil namun baru bagi Anda

Tak perlu hal yang berat untuk mengubah kebiasaan kita. Begitu pula, untuk melepaskan jenuh, buatlah sebuah “jeda” dalam ruang waktu kehidupan Anda dengan mencari hal yang baru.

Belajar lah menanam cabe atau tomat dalam 3atau 5 pot yang bisa Anda taruh di rumah. Walaupun mungkin Anda bukan seorang ahli pertanian. Cobalah rawat tanaman tersebut sampai bertumbuh. Tidak usah memikirkan hasilnya, tapi lakukan rutinitas perawatannya. Hal ini bisa membuat kejenuhan berangsur menghilang dari kepenatan hidup.

3. Lakukan hal yang Anda sukai

Setiap Jum’at, jam 3 sore, adalah waktu bagi saya bermain futsal bersama kawan-kawan saya. Istri sangat paham dengan rutinitas ini, sehingga jika tidak ada hal yang mendesak, tidak mungkin istri akan komplain dengan kebiasaan saya ini.

Futsal adalah bagian yang saya suka dalam menjalani kehidupan ini. Selain sehat, olahraga ini mampu membantu sejenak melepaskan kepenatan dan kejenuhan. Jika Anda mempunyai kesukaan main game online, lakukan itu untuk membantu Anda melepaskan kejenuhan. Jika Anda suka memancing, lakukan hal itu.

Lakukan lah hal yang Anda sukai untuk membantu Anda menemukan semangat menjalani rutinitas kerja Anda.

4. Berdiskusi dengan orang yang Anda percayai

Diskusi membantu Anda mengalirkan kejenuhan. Anda boleh juga mengartikan diskusi ini sebagai curhat tapi bisa pula diartikan memang benar-benar diskusi dengan hal-hal yang membangun pola pikir Anda.

Ini sering saya lakukan ketika menghadapi kejenuhan. Saya mendatangi kawan-kawan yang memang bisa diajak diskusi terkait hal-hal yang baru atau yang sedang hits saat itu. Ngobrollah sesukamu bersama kawanmu. Akan ada hal baru yang bisa Anda ambil dari diskusi itu. Cobalah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s