I Stand With Mesut Ozil!

Posted on Updated on

Sebagai seorang penggemar sepakbola, mendengar berita terkait Mesut Ozil yang mundur dari Timnas Jerman cukup mengagetkan dan meyedihkan. Pasalnya, keputusan mundurnya Mesut Ozil dari timnas Jerman disebabkan karena dirinya merasa ada perlakuan rasisme terhadap dirinya oleh sebagian oknum warga Jerman bahkan termasuk Federasi Sepakbola Jerman menurut pengakuan Ozil.

Latar belakang keturunan Turki dan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan lah yang menjadi sebab munculnya rasisme terhadap dirinya. Dimana banyak yang menuduh pertemuan Ozil dengan Erdogan bernuansa politik. Walaupun itu telah dibantah secara tegas oleh Ozil, bahwa pertemuan itu hanyalah pertemuan biasa yang tidak membicarakan apapun terkait politik.

Ozil sadar betul bahwa sepak bola tidak boleh dicampuri dengan  urusan politik. Terkait pertemuan dengan Erdogan, Ozil menjelaskann hanya menghormati Erdogan sebagai pimpinan tertinggi Turki yang mana adalah negeri dimana leluhurnya berasal. Sehingga Turki tidak mungkin dilupakan olehnya walaupun ia lahir dan besar di Jerman.

Pemain berusia 29 tahun dan telah memperkuat tim Der Panser  sebanyak 92 kali dengan 23 gol itu mengatakan menyayangkan perlakuan Federasi Sepak bola Jerman terkait perilaku rasisme terhadap dirinya. Padahal dia mengakui, selalu bangga ketika memakai seragam timnas Jerman dalam sepanjang karir sepak bolanya.

Berikut ini pesan pengunduran dirinya dari timnas Jerman melalui akun pribadinya.

Semoga rasisme hilang dari sepak bola. Dan jangan biarkan rasisme menghancurkan nilai-nilai sportifitas dalam olah raga, terutama sepak bola. And, I Stand With Mesut Ozil!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s