Meningkatkan Traffic Blog

Sebagai bloger pemula (kurang lebih 5 bulan ini, walaupun sedari dulu juga sudah ngeblog tapi semua blog akhirnya bertumbangan ga keurus he he he . . .), mendapatkan traffic pengunjung yang ramai merupakan sesuatu yang diidam-idamkan. Atau mendapatkan artikel blognya muncul di halaman pertama bahkan no 1 di halaman pertama Om Google adalah kebahagiaan tersendiri. Sama halnya dengan saya, ketika mendapati salah satu artikel blog saya mengenai Mengurus Surat Pindah Penduduk AntarKabupaten/Kota terdapat di halaman pertama Om Google bahkan no 1 di halaman pertama dengan kata kunci “membuat surat pindah penduduk” .

Banyak orang yang kemudian beramai-ramai untuk meningkatkan traffic blognya dengan berbagai cara seperti yang disuguhkan oleh berbagai blog-blog atau bahkan banyak ebook yang ditawarkan mengenai SEO. Seolah-olah setiap bloger harus wajib menguasai ilmu SEO tersebut agar traffic blognya tinggi. Tetapi jangan lupa sahabat, kita kembalikan lagi niat awal kita membuat blog. Bagi saya, menulis dalam blog merupakan latihan untuk menulis dan berbagi ilmu kepada orang lain.  Kalau dicermati lebih dalam, tulisan saya masih banyak yang salah ya karena memang semua saya niati untuk belajar. Semakin lama dan konsisten saya ingin memperbaiki tulisan-tulisan saya untuk menulis lebih baik. Begitu pula melalui blog ini, saya hanya ingin berbagi cerita, ilmu ataupun peristiwa yang ada di sekitar saya dan bisa jadi Anda.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Om Jay (salah satu bloger yang juga berprofesi guru yang cukup dikenal di dunia bloger pendidikan)  di Kompasiana. Selain itu, saya juga mengamati Blog Padepokan Budi Raharjo yang mengatakan bahwa orang beramai-ramai meningkatkan traffic blog tetapi yang mereka lakukan sebenarnya traffic semu karena seharusnya pengunjung datang ke blog kita karena tertarik dengan isi atau konten blog kita, atau terjadi diskusi antara admin-pengunjung atau pengunjung-pengunjung. Sehingga Om Jay dan Pak Budi Raharjo membuat kesimpulan bahwa traffic blog akan lebih baik kita capai dengan kita rajin menulis apapun yang ingin kita tulis. Artinya semakin konsisten kita menulis semakin bermanfaat bagi orang lain dan akan menghasilkan traffic blog secara natural. Dan ini akan menjadi lebih membanggakan karena kita diajarkan untuk jujur terhadap niat kiat ngeblog selain itu kita belajar untuk konsisten dalam menulis atau bahkan nanti dapat menular ke kegiatan di luar menulis.

So, buat apa bersusah-susah belajar SEO kalau niat awal kita hanya berbagi. Tulislah dengan rutin apa yang Anda ingin tulis. Tidak usah berpikir tulisannya jelek karena bisa jadi tulisan yang jelek ternyata mempunyai manfaat bagi orang lain. Semangat menulis dan berbagi!

4 thoughts on “Meningkatkan Traffic Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s